ETIKA PEGAWAI DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN PARONGPONG KABUPATEN BANDUNG BARAT

  • Asep Haris Kosaman Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Agus Subagyo Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Agustina Setiawan Universitas Jenderal Achmad Yani
Keywords: Ethics, Employees, Public Services.

Abstract

Based on the results of analysis of indicators, employee ethics in providing public
services in Parongpong District is still lacking, there is dissatisfaction from the
community as service users. This is caused by several indicators of employee ethics,
namely commitment is considered quite good, employee attitudes and behavior are
lacking, equality of service is lacking, sincerity in service is quite good, and
prioritizing the public interest is considered insufficient. The phenomenon of service
delivery in Parongpong District shows the actions of employees who expect
remuneration (not being sincere), avoiding responsibility, the emergence of
discrimination in service and differences in employee attitudes towards the
community

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Jakarta: Rineka
Cipta. Praktek..2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Bertens, K.
2001. Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Creswell, John W. 2009. Research Design Pendekatan Kualitatif Kuantitatif & Mixed.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Crano dan Brewer.2002. Principlis and Methods of Sosial Research.
Dwiyanto Agus, Partini, Ratminto, Wicaksono Bambang, Tamtiari Wini, Kusumasari
Bevaola, dan Nuh Muhamad. 2008. Reformasi Birokrasi Publik Di Indonesia.
Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Denzin, Norman dan Lincoln. 2009. Handbook of Qualitative Research.
USA: SAGE Publication.
Lincold dan Guba. 1985. Naturalistic Ingviri.London Sage Publication. Moenir,
H.A.S. 2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Neuman, W.L (2006). Social Research Methods Qualitative and Quantitative
Approaches. United States of America: Pearson Education, Inc Nazir, Mohamad.
2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia.
Widjaja, A.W. 1991. Etika Pemerintahan. Jakarta: Bumi Aksara
Widodo, Joko. 2001. Good Governance, Telaah dari Dimensi Akuntabilitas dan
Kontrol Birokrasi Pada Era Desentralisasi dan Otonomi Daerah. Surabaya: Insan
Cendekia.
Whitney. 1960. The Elements of Resert Asian Eds. Osaka: Overses Book Co
Mangkunegara (2015:12) evaluasi kinerja pegawai.
Republik Indonesia, Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63
Tahun 2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Republik Indonesia, Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25
Tahun 2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat
Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.
Republik Indonesia, Peraturan Daerah Kabupaten Bandung Barat Nomor 7 Tahun
2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Bandung Barat
Nomor 4 Tahun 2010 Tentang Pembentukan Organisasi Dan Tata Kerja di
Kecamatan, Desa, dan Kelurahan.
Republik Indonesia, Peraturan Kabupaten Bandung Barat Nomor 15 Tahun 2014
Tentang Tugas Pokok Dan Fungsi Kecamatan.
Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2004 tentang Pembinaan
Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil.
Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2011 tentang Penilaian
Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil.
Republik Indonesia, Peraturan pemerintah nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin
pegawai negeri sipil
Republik Indonesia, Undang-Undang Dasar 1945.
Published
2024-10-22
How to Cite
Kosaman, A. H., Subagyo, A., & Setiawan, A. (2024). ETIKA PEGAWAI DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN PARONGPONG KABUPATEN BANDUNG BARAT. Jurnal Prinsip : Jurnal Mahasiswa Magister Ilmu Pemerintahan, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36859/prinsip.v1i1.2931

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>