IMPLEMENTASI PROGRAM PASAR KREATIF BANDUNG DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN UMKM OLEH DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN KOTA BANDUNG

  • Fauziyyah Fani Nusa Fitri Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Zaenal Abidin AS Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Agustina Setiawan Universitas Jenderal Achmad Yani
Keywords: Kata Kunci: Implementasi Program, UMKM, Ekonomi Kreatif, Perdagangan dan Industri, Kota Bandung.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan Program Pasar Kreatif Bandung dalam meningkatkan pertumbuhan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang dilakukan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Artikel ini membahas implementasi program yang bergantung pada kesesuaian tiga elemen kunci, yaitu: Program (kesesuaian antara program dengan manfaat yang diterima), Organisasi (kesesuaian antara pelaksana program dengan struktur organisasi), dan Pemanfaat/Kelompok Sasaran (kesesuaian antara kelompok sasaran dengan organisasi pelaksana). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Program Pasar Kreatif Bandung sesuai dengan model evaluasi David C. Korten, yang mengedepankan kesesuaian antara elemen-elemen tersebut. Program ini terbukti berhasil memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan UMKM, khususnya dalam meningkatkan omset penjualan dan memperluas jangkauan pasar produk lokal yang dihasilkan. Program ini juga memberikan dampak positif terhadap pemberdayaan ekonomi kreatif di Kota Bandung. Dengan demikian, Pasar Kreatif Bandung tidak hanya berperan sebagai sarana pemasaran, tetapi juga sebagai platform pengembangan UMKM yang berkelanjutan.

References

Akib, H., & Tarigan, A. (2008). ARTIKULASI KONSEP IMPLEMENTASI
KEBIJAKAN:Perspektif, Model dan Kriteria Pengukurannya. Jurnal
Baca.
Amalia, F., Sinaga, R., Asyari, Soeyatno, R. F., Silitonga, D., Solikin, A., . . .
Ladjin, N. (2022). Ekonomi Pembangunan. Bandung: Widina Vhakti
Persada.
Bahauddin, M., & Setiawan, I. G. (2023). Dampak Pandemi terhadap Omset
Usaha Mikro Kecil dan Menengah: Analisis Review. Jurnal Ekonomi dan
Bisnis Digital (Ekobil), 2 Nomor 3, 35-39. Diambil kembali dari
https://jurnal.smartindo.org/index.php/ekobil/article/view/174/98
Creswell. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed
Methods Approaches. SAGE.
Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung. (2023). LKPJ.
Hartanti, W. (2017). PASAR SENI DAN INDUSTRI KREATIF DI KOTA
BANDUNG. E-Journal Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Diambil
kembali dari https://e-journal.uajy.ac.id/12860/1/JURNAL.pdf
Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2024 Tentang Pembangan, Penataan, dan
Pembinaan Pusat Perbelanjaan dan dan Toko Swalayan
Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan
Bidang Perdagangan
Perubahan Renstra Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung
Tahun 2018-2023
Riswanto, A., Zafar, .. T., M. Afdhal Chatra P, E. S., Harto, B., Boar, Y.,
Astaman, P., . . . Hikmah, A. N. (2023). EKONOMI KREATIF (Inovasi,
Peluang, dan Tantangan Ekonomi Kreatif di Indonesia). Jambi: PT.
Sonpedia Publishing Indonesia.
Sari, I. P., Bahari, K. M., Syamsir, & A. F. (2023). Analisa Kebijakan Publik
Terhadap UMKM. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah.
Sartika, S. H., Mashud, Hasan, M., Syam, A., Susilowati, E., Purba, B., . . .
Amruddin. (2022). Ekonomi Kreatif. Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: ALFABETA.
Published
2025-02-14
How to Cite
Nusa Fitri, F. F., Abidin AS, Z., & Setiawan, A. (2025). IMPLEMENTASI PROGRAM PASAR KREATIF BANDUNG DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN UMKM OLEH DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN KOTA BANDUNG. Jurnal Praxis Idealis : Jurnal Mahasiswa Ilmu Pemerintahan, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36859/jp.v2i1.2672

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>