IMPLEMENTASI KEBIJAKAN COOL JAPAN STRATEGY MELALUI JAPAN EXTERNAL TRADE ORGANIZATION (JETRO) DI INDONESIA TAHUN 2020-2023
Abstract
Dalam rangka meningkatkan jumlah perdagangan dan investasi di dalam dan luar negeri Jepang, JETRO hadir sebagai organisasi dibawah pemerintah Jepang yang bertugas sebagai badan yang mempromosikan perdagangan dan investasi guna memperluas pasar Jepang di luar negeri, salah satunya di Indonesia. Dengan memanfaatkan budaya populer Jepang yang unik, JETRO mendorong berbagai macam kerjasama dan program yang diluncurkan oleh JETRO untuk mengembangkan hubungan ekonomi antara Jepang dan Indonesia.
Selain itu, melalui kegiatan promosi dan kolaborasi industri, JETRO membantu memperkuat jaringan bisnis antara Jepang dan Indonesia. Penelitian ini menggunakan teori liberalisme ekonomi, kepentingan nasional dan peran organisasi internasional. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan teknik studi litelatur seperti artikel, jurnal, buku, dan dokumen yang bersangkutan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukan dengan hadirnya JETRO di Indonesia sangat berkontribusi dalam memfasilitasi akses pasar, menyediakan informasi bisnis dan mendukung perusahaan Jepang yang akan melakukan investasi di Indonesia ataupun sebaliknya, perusahaan Indonesia diberikan kemudahan akses pasar Jepang agar perusahaan Indonesia dapat melakukan ekspansi di Jepang dengan standar kebutuhan masyarakat Jepang.
References
Australia, J. (t.thn.). Japan Street: Online Catalogue Exclusive for Buyers. Diambil kembali dari https://www.jetro.go.jp/austria/topics/JapanStreetNew.htm
Indonesia, K. B. (t.thn.).
Indonesia, K. B. (t.thn.). Diambil kembali dari https://www.id.emb-japan.go.jp/birelEco_id.html
ITC. (t.thn.). Diambil kembali dari https://exportpotential.intracen.org/en/markets/analyze?whatMarker=k&what=030232&fromMarker=i&exporter=360&toMarker=j
JETRO. (t.thn.). Aktivitas. Diambil kembali dari https://www.jetro.go.jp/indonesia/_439068.html
JETRO. (t.thn.). Japan Street. Diambil kembali dari https://www.jetro.go.jp/en/mjcompany/japanstreet.html
JETRO. (t.thn.). JETRO Jakarta Newsletter Februari 2022. Program JETRO untuk membuka Peluang Kerjasama antara Perusahaan Jepang.
JETRO. (t.thn.). JETRO Jakarta Newsletter Juni 2021. JETRO Jakarta Melaksanakan Seminar Online Mendorong Ekspor Produk Kerajinan, hal. 1.
JETRO. (t.thn.). Tentang JETRO. Diambil kembali dari JETRO Indonesia: https://www.jetro.go.jp/indonesia/_438860.html
Kemendag. (2020). Biro Humas Kemendag. Diambil kembali dari https://www.kemendag.go.id/albums/DmC2BkR6_album_image.jpg
Kemendag. (2021). Siaran Pers Kementrian Perdagangan Indonesia. Diambil kembali dari https://www.kemendag.go.id/berita/siaran-pers/pacu-ekspor-biomassa-ke-jepang-kemendag-gelar-business-matching-virtual-3
Kemendag. (2022). Promosi Produk Perikanan Indonesia, Kemendag Gelar Business Matching Dengan Pembeli Jepang. Diambil kembali dari Siaran Pers Kementrian Perdagangan Republik Indonesia: https://www.kemendag.go.id/berita/siaran-pers/promosi-produk-perikanan-indonesia-kemendag-gelar-business-matching-dengan-pembeli-jepang
Kemendag. (t.thn.). Siaran Pers Kementrian Perdagangan Republik Indonesia. Beri Angin Segar, Ekspor Produk Kerajinan ke Jepang Tembus USD 10,32 Juta.
Keuangan, B. P. (1958). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahu 1958 tentang Perjanjian Perdamaian dan Persetujuan Pampasan antara Republik Indonesia dan Jepang.
Kusumanto, D. (2015). Diambil kembali dari Kaori Nusantara: https://www.kaorinusantara.or.id/newsline/23003/diskusi-ilmiah-mengenal-cool-japan-asal-usul-perkembangan-dan-tujuan-strategi-ekonomi-kreatif-jepang