DIPLOMASI SWEDIA KE INDONESIA MELALUI EKSPANSI BISNIS IKEA PADA TAHUN 2020-2023

  • Alvina Dwi Anjani Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Suwarti Sari Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Renaldo Benarrivo Universitas Jenderal Achmad Yani
Keywords: Diplomasi Publik, IKEA, Swedia-Indonesia, Mark Leonard

Abstract

Diplomasi publik menjadi alat yang penting dalam hubungan internasional sebagai cara untuk mencapai kepentingan. Swedia menjadi salah satu negara yang memanfaatkan cara tersebut melalui IKEA. Dengan menggunakan kerangka konseptual Mark Leonard tentang tahapan pencapaian diplomasi publik—introducing, positive appreciation, strengthen relationship, dan influencing—penelitian ini mengkaji bagaimana IKEA, sebagai perusahaan ritel asal Swedia, menjadi instrumen soft power yang efektif dalam membangun citra positif Swedia dan memperkuat hubungan bilateral antara Swedia dan Indonesia. Studi ini menunjukkan bahwa melalui pendekatan diplomasi publik yang terintegrasi, Swedia berhasil memperkenalkan nilai-nilai budaya dan keberlanjutan yang diwakili oleh IKEA. Kehadirannya di Indonesia mempengaruhi perilaku konsumen, memperkenalkan gaya hidup Skandinavia, dan mendorong investasi Swedia. Strategi IKEA yang terintegrasi dan berkelanjutan memperkuat citra Swedia sebagai negara inovatif dan berkelanjutan, sekaligus mempererat hubungan ekonomi dan budaya kedua negara. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.

References

Arif, M. A. (2023). Mengapa 'Ikea Effect' Membuat Kita Lebih Mencintai Produk yang Kita Beli. Diambil kembali dari id.linkedin.com: https://id.linkedin.com/pulse/mengapa-ikea-effect-membuat-kita-lebih-mencintai-yang-arfan-arif
Fimela. (2022, November 8). IKEA Indonesia Ajak Orang Tua dan Anak Bawa Perubahan Lewat Kampanye Ayo Main. Diambil kembali dari fimela.com: https://www.fimela.com/lifestyle/read/5115786/ikea-indonesia-ajak-orang-tua-dan-anak-bawa-perubahan-lewat-kampanye-ayo-main?page=3
IKEA. (t.thn.). Inisiatif IKEA Indonesia. Diambil kembali dari ikea.co.id: https://www.ikea.co.id/in/tentang/manusia-dan-bumi/inisiatif-lokal?srsltid=AfmBOoo4hHGtyNl-nT1u4Dg4JcQPofaTx_Wic75HX_mx6o3jiDm2ftfn
Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. (2023, Februari 9). Perdagangan dan Investasi RI-Swedia Tahun 2022 Meningkat di Tengah Perekonomian Global yang Tidak Menentu. Diambil kembali dari kemlu.go.id : https://kemlu.go.id/portal/id/read/4419/view/perdagangan-dan-investasi-ri-swedia-tahun-2022-meningkat-di-tengah-perekonomian-global-yang-tidak-menentu
Leonard, M. (2002). Public Diplomacy. London: The Foreign Policy.
Project Nord. (t.thn.). Embracing The Scandinavian Lifestyle. A Journey Into Nordic Simplicity and Coziness. Diambil kembali dari projectnord.com.: https://projectnord.com/blogs/scandinavian-nordic-design-blog/scandinavian-lifestyle
Rosyidin, M. (2020). Teori Hubungan Internasional: dari Perspektif Klasik sampai Non-Barat. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Valerisha, A., dan Ahadisuryo, R. F. (2020). IKEA in Indonesia: The synergy of Swedish Public Diplomacy and Nation Branding. Jurnal Sosial Politik, 85-97.
Wisnubrata. (2023, Juni 21). Perayaan Midsummer ala Swedia di IKEA. Diambil kembali dari kompas.com: https://lifestyle.kompas.com/read/2023/06/21/110259020/perayaan-midsummer-ala-swedia-di-ikea
Wulandari, D. (2021, September 6). Lima Inisiatif IKEA untuk Indonesia. Diambil kembali dari mix.co.id: https://mix.co.id/corporate-social-initiative/lima-inisiatif-ikea-untuk-indonesia/
Ziegler, P. (2023, Maret 30). The Concept of Public Diplomacy In the 21st Century. Diambil kembali dari BEST DIPLOMATS: https://bestdiplomats.org/public-diplomacy/)
Published
2025-02-17
How to Cite
Anjani, A., Sari, S., & Benarrivo, R. (2025). DIPLOMASI SWEDIA KE INDONESIA MELALUI EKSPANSI BISNIS IKEA PADA TAHUN 2020-2023. Global Insights Journal : Jurnal Mahasiswa Hubungan Internasional, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36859/gij.v2i1.2629

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>