NATION BRANDING INDONESIA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DARI MALAYSIA KE INDONESIA 2019-2023
Abstract
Potensi sumber daya alam dan kebudayaan yang dimiliki Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke berpotensi sebagai sumber ekonomi terbesar bagi bangsa Indonesia dari sektor pariwisata. Indonesia memiliki potensi dalam mengambil perhatian wisatawan mancanegara dengan kekayaan yang dimiliki. Peran yang dilakukan oleh negara dalam mengambil langkah untuk mendukung kemajuan industry pariwisata di
dalam negeri adalah diplomasi yang melalui pariwisata yang dilakuka oleh pemerintah, masyarakat, maupun kelompok-kelompok komunitas yang memiliki kepedulian tentang industry pariwisata ditingkat Internasional. Diplomasi tersebut bertujuan menguatkan nation branding Indonesia di dunia Internasional dan Indonesia mampu berkompetisi di tingtkat Internasional.
Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk menganalisis tentang diplomasi Indonesia dengan kampanye Wonderful Indonesia agar sektor pariwisata Indonesia meningkat dan yang paling utama meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara khususnya wisatawan asal Malaysia pada tahun 2019-2023. Dengan membangun nation branding sebagai salah satu upaya pemerintah Indonesia meningkatkan sektor pariwisata dan meningkatkan wisatawan dengan mepromosikan potensi pariwisata Indonesia yang sangat beragam dan tentunya sangat memanjakan mata para wisatawan. Pada bulan Januari 2011 pemerintah dibawah Menteri Kebudayaan dan Pariwisata secara resmi meluncurkan nation branding yaitu Wonderful Indonesia.
References
Asep Setiawan, Teori dan Praktik Diplomasi (Jakarta: Pustaka Pelajar, 2016)
Nyoman S. Pendit,” Ilmu Pariwisata-Sebuah Pengantar Perdana”, ( Jakarta: PT.
Pradnya Paramita,2004).
Sugiyono, Memahami Metode Penelitian (Bandung: Alfabeta, 2013) 137.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta.
2017) 272.
Plano, Jack C. dan Olto, Roy. Kamus Hubungan Internasional. Terj.
Wawan Juanda. Bandung: Abardin, 1999.
Sitepu, P. Antonius. Studi Ilmu Politik. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.
Sugiyono. Memahami Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2005.
Sugiyono. Memahami Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2013.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta. 2017.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta. 2007.
Jackson, R., & Sorensen, G. (2016). Pengantar Studi Hubungan
Internasional: Teoridan Pendekatan, Edisi Kelima. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Jurnal
Diah Febrina, “Literatur dan Metodologi “, Wacana Vol. 17 No. 01. (2018) 74.
Garit Bira Widhasti, “Diplomasi Publik Indonesia,” Diplomasi Publik Pemerintah
Republik Indonesia Melalui Pariwisata Halal. Vol.01 No.01 (2017) 04.
Gusti Idriasih, “ Diplomasi Indonesia Melalui Kampanye Wonderful Indonesia
Dalam Menungkatkan Pariwisata Indonesia di Seluruh Dunia Tahun 2011-2015
“, Jurnal Online Mahasiswa FISIP Vol.03 No.01 ( 2016 ) 03.
Haiyyu Darman Moenir, “Strategi pemasaran pariwisata untuk wilayah ASEAN”,
Andalas Journal of International Studies Vol. 06 No. 01.(2017) 70.
Ratih Indahswari, “Aktivitas Diplomasi publik ke dalam kategorisasi”, Diplomasi
Publik dan Nation Branding. Vol. 2 No.5 (2015) 26.
Retno Budi Lestari, “Membangun Nation Branding dalam Upaya Meningkatkan
Daya Saing Sektor Pariwisata Indonesia,” Proceeding PESAT Vol. 05. No.01
(2013) 359.
Rika Isnarti, “ Membentuk kantor representatif di negara asing “ , Jurnal
Hubungan Internasional Vol.01 No.02 ( 2018) 272.
Sisilana Diah Mariastuti Pyok, “Representaion of Indonesia inWonderful
Indonesia’s Feeling is Believing Tourism Advertisement: A Critical Discourse
Analysis “, Paradigma Jurnal Kajian Budaya Vol. 6 No. 1 (2016) 102
Sri Utami, “Target Wisatawan Mancanegara “Tourism and Hospitality Essentials
(THE) Journal, Vol.04 No.1. (2014) 696.
Artikel
Arus Reka Prasetya, “Komunikasi (Kenegaraan) atau Komunikasi Pemasaran?
“Conference Paper 21 Desember. 2016: 02.
Pujaastawa, Ida Bagus Gde. "Teknik Wawancara dan Observasi Untuk
Pengumpulan Bahan Informasi." Universitas Udayana (2016) 4.
Situs Website
Dr. Erna S Widodo, SS, MM, “Ideologi Utama Dalam Ekonomi Politik Global
Antara Merkantilisme Dan Liberalisme”, Ekonomi Bungahatta 20 Oktober
2020 : 09
Edith Nazaretha, “ Diplomasi Pariwisata Melalui Kampanye Wonderful Indonesia
“, Kompasiana ( 16 Mei 2022 ) internet , 22 Juli 2023 ,
https://www.kompasiana.com/edithnazaretha01/62816916bb4486724057ef26