KINERJA PEGAWAI UPTD PUSKEMAS GARUDA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI KECAMATAN ANDIR KOTA BANDUNG
Abstract
Penelitian ini berjudul “Kinerja Pegawai UPTD Puskemas Garuda Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Kecamatan Andir Kota Bandung”. Fenomena masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada unsur waktu penyelesaian dan perilaku SDM. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kinerja pegawai UPTD Puskesmas Garuda dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Peneliti menggunakan teoripengukuran kinerja pegawai dari Mahsun (dalam Hirim 2020:11) yang mencakup produktivitas, responsivitas, dan akuntabilitas. Metode penelitiannya yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Unit analisis adalah Kantor UPTD Puskesmas Garuda dengan informannya yaitu Plt. Ketua Puskesmas, Ketua Tim Mutu Pelayanan Puskesmas, dan masyarakat. Teknik analisis data meliputi uji validitas, uji realibilitas, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator produktivitas pada dimensi penggunaan alat bantu sudah optimal, karena pegawai mahir menggunakannya. Namun, kedisiplinan pegawai dan tingkat antusiasme pegawai belum optimal, sehingga target pelayanan harian tidak tercapai. Indikator responsivitas pada keramahan dan kesopanan sudah optimal, tetapi kecepatan waktu belum optimal karena lamanya waktu tunggu. Dimensi empati dan komunikasi belum optimal, terlihat dari komunikasi yang kurang efektif. Indikator akuntabilitas sudah optimal, ditunjukkan oleh tanggung jawab dan keterbukaan pegawai dalam pelayanan.
References
Demokrasi.
Bathoro, 2021. Pengertian Pelayanan Publik. Semarang: CV. Peduli.
Cardosa Faustino Gomes. 2021. Manajemen Sumber. Yogyakarta: Andi Persa
Offset.
Hayati, 2017. Pengertian Kinerja. Surakarta: Bintang Pelita.
Hirim. 2020. Elemen Pokok Pengukuran Kinerja. Jakarta: Remaja Rosada.
Indrasari, M. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo
Press.
Kasmir. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori sert Praktik). Depok:
PT. Rajagrafindo Persada.
Kencana, Syafie Inu. 2003. Pengantar Ilmu Pemerintahan. Jakarta: Eresco.
Kurnia Ardiansyah. 2020. Kualitas Pelayanan Publik. Banten: Anak Cerdas.
Kusdawan, Murphy. 2023. Pengukuran Kinerja. Jakarta: Pelangi Jingga.
Mahmudi. 2015. Manajemen Kinerja Sektor Publik (Edisi I). Yogyakarta: UPP
AMP YKPN.
Moleong, L. J. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Talentha
Rosdakarya.
Nawawi, Z. 2013. Manajemen Pemerintahan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sarana Indonesia
Simamora, Henry. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Ewd
Bagian Penerbit STIE YKPN.
Sinambela, L. P. 2012. Kinerja Pegawai (Teori Pengukuran beserta Implikasi).
Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Metod Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D). Alfabeta CV.
Sugiyono, 2018. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.
Tangkilisan, Hessel Nogi S. 2005. Manajemen Publik. Jakarta: Gramedia.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.