STUDI ANALISIS BIBLIOMETRIK : KUALITAS DAN EFISIENSI SISTEM APLIKASI SIAP TARIK TERHADAP PELAYANAN DI PUSKESMAS TARIK

  • Ahmad Riyadh Umar Bahlamar Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Innovation, Public Services, Queues, Bureaucratic Reform

Abstract

Jumlah kunjungan pasien tiap hari semakin bertambah, peristiwa ini mengakibatkan ruang tunggu loket menjadi padat dan berdesakan karena ditambah waktu yang dibutuhkan petugas dalam mencari map rekam medis pasien cukup lama serta banyaknya pasien yang komplain jika menunggu lama. Hal ini menimbulkan rendahnya kualitas pelayanan loket pendaftaran di Puskesmas Tarik. Dari permasalahan yang mengakibatkan rendahnya kualitas pelayanan di Puskesmas Tarik, maka dibuatlah inovasi untuk mangatasi masalah antrian pasien di ruang loket agar mempermudah dan mempercepat pelayanan antrian pasien melalui sistem aplikasi di android. Aplikasi yang dibuat oleh Puskesmas Tarik yaitu Sistem Informasi Antrian Puskesmas Tarik (SIAP TARIK). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis suatu tingkat kualitas sistem aplikasi SIAP TARIK dalam meningkatkan pelayanan antrian loket pendaftaran di Puskesmas Tarik. Penelitian ini menggunakan metode analisisis bibliometrik dengan menggunakan dua sumber utama googel scholar dan juga publish or perish. Yang menggunakan kata kunci empati, kualitas layanan, inovasi, public service, e government, kualitas, public, smart card, aplikasi siap Tarik. Aplikasi Publish orPerish (PoP) untuk menghasilkan data dari 2020-2023 sumber yang disebutkan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis, dan ditampilkan menggunakan VOSViewer. VOS viewer adalah software yang berguna untuk membangun dan memvisualisasikan.

References

Adhitama, M. O., Adiwidjaja, I., & Dharma, R. (2021). Pelaksanaan Electronic Government Dalam Pelayanan Publik Di Desa Junrejo. Journal Administrasi Publik Dan Ilmu Komunikasi, 8(2), 84–90. Https://Doi.Org/10.55499/Intelektual.V8i2.1
Adiba, V. (2022). Kaitan Peningkatan Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Pasien Dan Taraf Kesehatan Masyarakat. Preprints. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/Bjmx9
Agus Triati, R., & Rahmayanti, H. (2020a). Analisis Antrian Pada Pelayanan Alat Rtg Di Lapangan Penumpukan Terminal Berlian (Pt Berlian Jasa Terminal Indonesia). Logistik, 13(1), 7–11. Https://Doi.Org/10.21009/Logistik.V13i1.17651
Ahmda, S., Azizi, M., Yusriadi, Y., Umar, A., & Sahid, A. (2020). Reformasi Birokrasi Dalam Layanan Kesehatan: 112 Program Pusat Panggilan Di Kota Pare-Pare. Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 8(1), 18–23. Https://Doi.Org/10.31289/Publika.V8i1.2695
Aji Nugroho, A., Sutrisno, E., & Ranintya Yusuf, R. (2020). Optimalisasi Layanan Kesehatan Melalui Inovasi Pelayanan Publik Proyek Perubahan Pelatihan Kepemimpinan (Optimizing Health Services Through Public Service Innovation Project Change In Leadership Training). Setia Mengabdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 26–38. Https://Doi.Org/10.31113/Setiamengabdi.V1i1.4
Alim, M. N., Haning, M. T., & Syahribulan, S. (2020). Inovasi Klaim Elektronik Jaminan Hari Tua Di Bpjs Ketenagakerjaan Kantor Cabang Makassar. Jakpp (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 6(1), 1–14. Https://Doi.Org/10.31947/Jakpp.V6i1.8558
Ananda, B. R., Putera, R. E., & Ariany, R. (2020). Inovasi Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Pariaman. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(2), 167. Https://Doi.Org/10.31314/Pjia.8.2.167-179.2019
Anggraini, I.-. (2020). Faktor Perilaku Memengaruhi Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Miskin Di Rsud Gunungsitoli Kabupaten Nias Tahun 2019. Inovasi, 17(2), 175–181. Https://Doi.Org/10.33626/Inovasi.V17i2.229
Anshori, M., & Andesta, D. (2023). Analisis Sistem Antrian Pada Proses Pelayanan Konsumen Di Mie Gacoan Xyz. Justi (Jurnal Sistem Dan Teknik Industri), 4(1), 115. Https://Doi.Org/10.30587/Justicb.V4i1.6718
Apriliani, D., Rahman, B., & Ibrahim, I. (2021). Digitalisasi Pelayanan Publik (Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Android Di Kabupaten Bangka). Jurnal Sosial Sains, 1(4), 260–268. Https://Doi.Org/10.59188/Jurnalsosains.V1i4.68
Asnita, Berian Hariadi, & Susiyanti Meilina. (2023). Birokrasi Reformasi Di Masa Pandemi Covid-19 Di Rumah Sakit Tentara Tingkat Iii Dr. Reksodiwiryo Padang. Japan : Jurnal Administrasi Dan Pemerintahan, 1(1). Https://Doi.Org/10.55850/Japan.V1i1.70
Barisa, B., Muhammad Ikbal, Saifullah, & Yuliana Alwi. (2023). Pengaruh Perilaku Birokrasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Desa Bina Baru Kecamatan Kulo Kabupaten Sidenreng Rappang. Wedana: Jurnal Kajian Pemerintahan, Politik Dan Birokrasi, 9(1), 1–13. Https://Doi.Org/10.25299/Wedana.V9i1.12092
Busri, Ihyani Malik, & Nur Wahid. (2023a). Implementasi Agile Governance Pada Reformasi Birokrasi 4.0 Di Puslatbang Kmp Lan Kota Makassar. Jurnal Administrasi Publik, 19(1), 85–119. Https://Doi.Org/10.52316/Jap.V19i1.134
Cahyono, A. E., Endarti, W., & Sunyoto, K. (2023). Kualitas Pelayanan Publik Dalam Memberikan Kepuasan Kepada Masyarakat Pada Pelayanan Skck Online Polres Probolinggo Kota. Map (Jurnal Manajemen Dan Administrasi Publik), 6(3), 224–233. Https://Doi.Org/10.37504/Map.V6i3.559
Febri Suci, A., & Ajidin, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik, Sarana Prasarana Publik Dan Kinerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan E-Ktp Di Kantor Camat Ampek Angkek Kabupaten Agam. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (Jemb), 2(2), 221–231. Https://Doi.Org/10.47233/Jemb.V2i2.1106
Firdaus, F., & Irawanto, I. (2020). Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Masyarakat Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Banjarmasin. Reformasi, 10(2), 177–185. Https://Doi.Org/10.33366/Rfr.V10i2.1907
Firdaus, F., & Nggeboe, F. (2021). Pengembangan Kapasitas Birokrasi Dalam Rangka Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 268. Https://Doi.Org/10.33087/Jiubj.V21i1.1324
Fithriana, N., & Silmia, S. (2020). Inovasi Layanan Cetak Tiket Mandiri Untuk Menunjang Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik, 2(1), 19. Https://Doi.Org/10.33474/Jisop.V2i1.4998
Hamdillah, H. (2023). Inovasi Pelayanan Publik Dan Transformasi Birokrasi: Pendekatan Administrasi Publik Dalam Meningkatkan Good Governance. Resolusi: Jurnal Sosial Politik, 6(2), 91–102. Https://Doi.Org/10.32699/Resolusi.V6i2.5672
Hanggoro, D. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Pada Bidang Kesehatan. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu, 12(1), 46–52. Https://Doi.Org/10.55426/Jksi.V12i1.138
Hermawan, Y., Purnawan, A., Nurnafajrin, R., & Lestari, N. R. (2020). Efektivitas Pelayanan Publik Online Situs Web Www.Garutkab.Go.Id. Jurnal Pembangunan Dan Kebijakan Publik, 11(2), 21–30. Https://Doi.Org/10.36624/Jpkp.V11i2.76
Jamal, F., & Guntara, B. (2020). Kualitas Pelayanan Publik Dalam Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Pagedangan Di Tinjau Dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Rechtsregel: Jurnal Ilmu Hukum, 3(2), 237. Https://Doi.Org/10.32493/Rjih.V3i2.8092
Karnawati, H. (2020). Standar Pelayanan Publik Berbasis Kualitas Pelayanan Koperasi Warga Politeknik Negeri Bandung. Sigma-Mu, 11(1),33–48. Https://Doi.Org/10.35313/Sigmamu.V11i1.1685
Kusmiyati, R., Ginting, R., & Thariq, M. (2023). Digitalisasi Birokrasi Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (Peluang Dan Tantangannya). Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 7(1), 33. Https://Doi.Org/10.30829/Komunikologi.V7i1.16596
Kuzaimah Kuzaimah, Rini Werdiningsih, & Bambang Windu Sancono. (2023). Reformasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik. Jurnal Media Administrasi, 6(1), 01–23. Https://Doi.Org/10.56444/Jma.V6i1.477
Latifah, L., & Nurlukman, A. D. (2023). Inovasi Pelayanan Publik Elektronik Sistem Aplikasi Bantuan Kota (Sabakota) Kota Tangerang. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 10(1), 167–180. Https://Doi.Org/10.37606/Publik.V10i1.470
Leksmana, A. R. F. D., Hadi, K., & Nurjaman, A. (2020). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Penerapan Sistem Elektronik Surat Keterangan (E-Suket) Di Kota Kediri. Government : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 13(2), 106–112. Https://Doi.Org/10.31947/Jgov.V13i2.9374
Metera, I. G. M. (2020). Reformasi Birokrasi Pemerintah Kabupaten Buleleng, Tanpa Whistleblowing System. Locus, 12(1), 1–25. Https://Doi.Org/10.37637/Locus.V12i1.285
Mursyidah, L., Choiriyah, I. U., Lestari, M. P., & Rodiyah, I. (2019). The Effectiveness Of Siap Tarik To Improve The Quality Of Health Services. Iapa Proceedings Conference, 168. Https://Doi.Org/10.30589/Proceedings.2019.226
Novia Bewinda, R. (2022). Bibliometric Anlysis: Pengaruh Reformasi Birokrasi Terhadap Pelayanan Pengaduan Masyarakat. Jurnal Rajang Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 5(1), 46–57. Https://Doi.Org/10.31605/Arajang.V5i1
Nurlatipah, R., & Susi Susanti, A. (2023). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (Simrs) Terhadap Efektivitas Kerja Pelayanan Fisioterapi Di Rsud Kesehatan Kerja. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 10(4), 1310–1318. Https://Doi.Org/10.37606/Publik.V10i4.943
Pranata, E., & Lau, K. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Antrian Teller Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Bca Cabang Kembang Jepun Surabaya. Jurnal Simki Economic, 6(2), 303–310. Https://Doi.Org/10.29407/Jse.V6i2.324
Purnamasari, R., & Riksa Praba Haskara, M. (2021). Inovasi Teknologi Dalam Perubahan Pelayanan Publik Perkotaan. Jurnal Studi Inovasi, 1(1), 44–51. Https://Doi.Org/10.52000/Jsi.V1i1.8
Rahayu, R. F., & Ibrahim, I. (2023). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka. Jurnal Studi Inovasi, 3(1). Https://Doi.Org/10.52000/Jsi.V3i1.128
Rahmawati, N., & Donoriyanto, D. S. (2023). Simulasi Sistem Antrian Pelayanan Penumpang Busway. Waluyo Jatmiko Proceeding, 441–450. Https://Doi.Org/10.33005/Wj.V16i1.66
Raid, N., Nasrizal, N., & Yasmeardi, F. Y. (2021). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Di Era Covid-19. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 8(2), 123–130. Https://Doi.Org/10.37606/Publik.V8i2.209
Razak, M. R. R. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Optimalisasi Pelayanan Publik Dan Potensi Desa. Reprints. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/Nfhu9
Riduan, M., Rahmadanita, A., & Nurrahman, A. (2023). Inovasi Pelayanan Publik Di Kantor Imigrasi Kelas Ii Tpi Batulicin. Jurnal Media Birokrasi, 113–132. Https://Doi.Org/10.33701/Jmb.V5i2.3766
Riswandi, A. (2020). Pengaruh Faktor Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi Dan Struktur Birokrasi Dalam Implementasi Kebijakan Pelayanan Kesehatan Tradisional Integrasi Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Tradisional Di Puskesmas. Gunahumas, 3(1), 71–92. Https://Doi.Org/10.17509/Ghm.V3i1.28403
Rusnita, W. C., Aromatica, D., & Putera, R. E. (2023). Percepatan Reformasi Birokrasi Melalui Penerapan E-Government Oleh Pemerintah Kota Padang. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (Jmiap), 5(4), 393–401. Https://Doi.Org/10.24036/Jmiap.V5i4.703
Sakir, A. R., & Almahdali, H. (2023). Implementasi Pelayanan Administrasi Terpadu (Paten) Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kelurahan Buloa Kota Makassar. Publicus : Jurnal Administrasi Publik, 1(1), 56–63. Https://Doi.Org/10.30598/Publicusvol1iss1p56-63
Salam, R., Risma Niswaty, A. Muhammad Fajar Maulana, Jamaluddin, & Muhammad Darwis. (2020). Efektivitas Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Soppeng. Jurnal Administrasi Publik, 16(1), 12. Https://Doi.Org/10.52316/Jap.V16i1.37
Setyono, G. (2020). Penerapan Sistem Antrian Pelayanan (Siap). Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 2(1), 28–42. Https://Doi.Org/10.33701/Jtkp.V2i1.2298
Sholicha, I. K., & Oktariyanda, T. A. (2023). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Pelayanan Via Online (Plavon Dukcapil) Oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo. Publika, 11(3), 2293–2302. Https://Doi.Org/10.26740/Publika.V11n3.P2293-2302
Sriwahyuni, N. (2023). Implementasi Dan Pengaruh Inovasi Pelayanan Publik Go Digital Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Probolinggo. Map (Jurnal Manajemen Dan Administrasi Publik), 6(3), 286–293. Https://Doi.Org/10.37504/Map.V6i3.566
Sucahyo, I., Rahmadi, A. N., & Hadi, F. A. (2023). Implementasi Penerbitan Dokumen E-Ktp Huruf Braille Sebagai Inovasi Pelayanan Publik Bagi Penyandang Disabilitas Netra. Public Policy (Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis), 4(2), 536–553. Https://Doi.Org/10.51135/Publicpolicy.V4.I2.P536-553
Sulistyorini, N. A., & Sudaryanti, S. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Si Terpa Daya Jiwa Di Rsjd Dr. Rm. Soedjarwadi Provinsi Jawa Tengah. Wacana Publik, 1(2), 350. Https://Doi.Org/10.20961/Wp.V1i2.54606
Suriana, I. (2023). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Politeknik Negeri Balikpapan Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Madani Accounting And Management Journal, 9(1), 75–87. Https://Doi.Org/10.51882/Jamm.V9i1.63
Suryaningrum, A., & Mursyidah, L. (2023). Evaluasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (Sipraja) Sebagai Inovasi Pelayanan Publik [The Evaluation Of The Service System Of Sidoarjo Community (Sipraja) As A Public Service]. Umsida Preprints Server. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21070/Ups.3464
Suwidyanti, N. (2023). Peran Good Governance Melalui Reformasi Birokrasi Dan E- Goverment Guna Meningkatkan Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Kinerja Di Kota Surabaya. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 10(2), 530–543. Https://Doi.Org/10.37606/Publik.V10i2.560
Syaifulloh, Muh. I. N., & M.Si, Drs. B. N. (2020). Inovasi Layanan E-Smart Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (Bpkb) Ditlantas Polda Jatim Guna Meningkatkan Pelayanan Prima Di Samsat Manyar Surabaya Timur. Governance, Jkmp (Governance, Jurnal Kebijakan & Manajemen Publik), 10(1), 16–27. Https://Doi.Org/10.38156/Gjkmp.V10i1.56
Tratama, A. D., & Haryani, T. N. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Aplikasi Simpus Gizkia Di Kabupaten Boyolali (Studi Kasus Di Puskesmas Ngemplak ). Wacana Publik, 1(2), 461. Https://Doi.Org/10.20961/Wp.V1i2.59393
Ubjaan, J., & Wokanubun, P. (2023). Optimalisasi Layanan Loket Pembayaran Dengan Menggunakan Model Antrian. Public Policy (Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis), 4(2), 345–362. Https://Doi.Org/10.51135/Publicpolicy.V4.I2.P345-362
Wulandari, S. (2023). Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Pengaduan Sp4n-Lapor! Pada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi. Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja, 13(2), 152–166. Https://Doi.Org/10.33701/Jiwbp.V13i2.3627
Yuliani, F., Adriadi, R., & Safitra, L. (2020). Pemanfaatan Sosial Media Sebagai Wujud Inovasi Dalam Pelayanan Publik Oleh Ombudsman Ri Bengkulu. Jurnal Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(1), 11–13. Https://Doi.Org/10.33319/Sos.V21i1.49
Yvanka, V., & Frinaldi, A. (2023). Analisis Pestel Dalam Reformasi Pelayanan Publik Pada Aplikasi Halodoc Sebagai Bentuk Inovasi Pelayanan Kesehatan Di Indonesia. Jurnal Academia Praja, 6(2), 245–260. Https://Doi.Org/10.36859/Jap.V6i2.1733
Zaky, A., Suryandartiwi, W., & Bagiana, R. (2023). Analisis Sistem Antrian Single Chanel- Multiphase Dalam Peningkatan Efisiensi Waktu Pelayanan Pada Pelayanan Medical Check-Up Di Rumah Sakit. Journal Of Hospital Administration And Management, 4(1), 62–71. Https://Doi.Org/10.54973/Jham.V4i1.316
Published
2024-12-31
How to Cite
Umar Bahlamar, A. R. (2024). STUDI ANALISIS BIBLIOMETRIK : KUALITAS DAN EFISIENSI SISTEM APLIKASI SIAP TARIK TERHADAP PELAYANAN DI PUSKESMAS TARIK. Caraka Prabu : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 8(2), 25-45. https://doi.org/https://doi.org/10.36859/jcp.v8i2.3074