PEMBERDAYAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DALAM PENGEMBANGAN DIGITALISASI PEMASARAN PRODUK BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 7 TAHUN 2021 OLEH PEMERINTAH DAERAH KOTA TASIKMALAYA

  • Sandha Bustan Arifin Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Lukman Munawar Fauzi Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Dahly Sukmapryandhika Universitas Jenderal Achmad Yani
Keywords: Pemberdayaan, Digitalisasi, UMKM.

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Pada saat krisis ekonomi  yang terjadi tahun 1997, dimana banyak usaha berskala besar yang mengalami stagnasi bahkan berhenti aktifitasnya, sektor UMKM terbukti lebih tangguh dalam menghadapi krisis tersebut. Peranan UMKM, terutama sejak krisis ekonomi dapat dipandang sebagai katup pengaman dalam proses pemulihan ekonomi nasional, baik dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi nasional maupun penyerapan tenaga kerja. Ali (2008) menyatakan bahwa UMKM merupakan benteng pertahanan ekonomi nasional sehingga  bila  sektor  tersebut  diabaikan  sama  artinya  tidak  menjaga  benteng  pertahanan Indonesia.

Penelitian dalam tesis ini berjudul “Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dalam Digitalisasi Pemasaran Produk Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 oleh Pemerintah Daerah Kota Tasikmalaya” diangkat karena Rendahnya kemamuan sumber daya manusia, terbatasnya penguasaan dan pemilikan aset produksi terutama permodalam, konsentrasi pekerjaan  sumber  daya  yang  bergerak  pada  usaha  yang  turun  temurun,  dan  rendahnya penguasaan teknologi sehingga memerlukan.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori mengenai pemberdayaan yang dikemukakan Jifatturohman (Puspitasari, 2020) dengan indikator yang meliputi pelatihan, pendampingan, dan dukungan pemerintah. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif   dengan   metode   pengumpulan   data   diantaranya   wawancara,   observasi,   dan dokumentasi, dengan informan utama ialah Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Tasikmalaya, serta Pengusaha UMKM di Kota Tasikmalaya.

Metode penelitian ini metode yang digunakan ialah metode kualitatif. Pengumpulan data yang akan dilakukan dalam penyusunan laporan penelitian ini adalah menggunakan wawancara, observasi lapangan dengan pendekatan deskriptif. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif, peneliti dapat menjelaskan kenyataan dari kejadian yang diteliti atau yaitu tanpa membuat perbandingan. Berupa menggambarkan kejadian atau fenomena sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan, di mana data yang dihasilkan berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Selain itu peneliti bermaksud memahami situasi sosial secara mendalam dengan analisis deskriptif, asumsi, dan teori.

Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa pihak Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Perindustrian Kota Tasikmalaya telah melakukan pembinaan kepada  pelaku  UMKM  dalam  bentuk  memberikan  pelatihan-pelatihan  dan  menyampaikan kepada pelaku UMKM untuk mengikuti pelatihan tersebut UMKM dapat menambah wawasan mengenai infomrasi era society 5.0. Pendampingan yang dilakukan bahwa dengan Pemanfaatan teknologi informasi dalam menjalankan bisnis atau sering dikenal dengan istilah e-commerce bagi UMKM dapat memberikan fleksibilitas dalam produksi, memungkinkan pengiriman ke pelanggan secara lebih cepat untuk produk perangkat lunak, mengirimkan dan menerima penawaran secara cepat dan hemat. Bentuk dukungan pemerintah dalam mamfasilitasi UMKM untuk mnecapai tujuan pengembangan usaha menuju Era Society 5.0 yang dimiliki oleh UMKM jika UMKM mempunyai kelemahan di bidang produksi, tugas fasilitator adalah memberikan dukungan dalam penyiapan UMKM agar dapat dibiayai dengan skim dimaksud, menetapkan kebijakan dan prioritas usaha yang akan menerima kredit, melakukan pembinaan dan pendampingan selama masa kredit, dan memfasilitasi hubungan antara UMKM dengan pihak lain.

References

Abdul, Halim., dkk. (2014). Perpajakan, Konsep Aplikasi, Contoh dan Studi Kasus. 3rd ed.
Jakarta: Salemba Empat
Al-Farisi., Moh Malikulhaq., Kahar Haerah. (2021). Implementasi Kebijakan Desa Digital Dalam Pengembangan UMKM di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Jurnal Universitas Muhammadiyah Jember
Ali, Hasan. (2008). Marketing. Yogyakarta: Penerbit Media Press
Anwas, M Oos. (2014). Pemberdayaan Masyarakat di era Globalisasi. Bandung: Alfabeta
Asaniyah, N. (2017). Pelestarian Informasi Langka: Digitalisasi, Restorasi, Fumigasi. Jurnal
Universitas Islam Indonesia, Vol 5, No (7)
Beik, Irfan Syauqi., Laily Dwi Arsyianti. (2017). Ekonomi Pembangunan Syariah. Jakarta: Rajawali Pers
Brennen, J Scott., Daniel Kreiss. (2016). Digitalization. The International Encyclopedia of
Communication Theory and Philosophy, Vol 1, No (11)
Clutterbuck, David. (2003). The Art of HRD: The Power of Empowerment, Release the Hidden
Talents of Out Employees. Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo
Dewi, Laila Rahma. (2018). Kompetensi Literasi Digital di Instagram. Yogyakarta: UIN Yogyakarta
Erwin, Raza. (2020). Manfaat dan Dmapak Digitalisasi Logistik di era Industri 4.0. Journal of
Logistic Indonesia, Vol 4, No (1)
Feriyanto, Nur. (2021). Digitalisasi UMKM Untuk Meningkatkan Ekonomi dan Pencapaian
SDGs. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia
Fuadi, Debi S., Ade Sadikin Akhyadi., Iip Saripah. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Junral Dilus: Pendidikan Luar Sekolah, Vol 5, No (1)
Griffin, W Ricky., Ronald J Ebert. (2000). Management. Jakarta: Penerbit Erlangga
Hadinata, Melisa. (2013). Studi Pengaruh Trust, Commitment, Communication, Conflict Handing Terhadap Customer Loyalty di Bank Mandiri Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Surabaya, Vol 2, No (1)
Hadion, Wijoyo. (2020). Blended Learning Suatu Panduan. Solok: Insan Cendekia Mandiri Hariandja, Marihat Tua Efendi. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grassindo Hartman, Amir., John Sifonis. (2000). Net-Ready Strategies for Succes in The Economy. US:
McGraw Hill
Hartman, LP., J DesJardins. (2008). Etika Bisnis: Pengambilan Keputusan Untuk Integritas
Pribadi dan Tanggung Jawab Sosial. Jakarta: Penerbita Erlangga
Ilyas, Rahmat., Rudi Hartono. (2023). Digitalisasi dan Pertumbuhan Ekonomi. Bangka: Shiddiq
Press
Jusmaliani, Masyhuri., dkk. (2008). Bisnis Berbasis Syariah. Jakarta: Bumi Aksara
Kasmir. (2006). Kewirausahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Lambing, P., RC Kuehl. (2000). Entrepreneurship (2rd ed). New Jersey: Prentice Hall
Lasa, HS. (2005). Manajemen Kepustakaan.Yogyakarta: Gama Media
Martawardaya, Berly. (2017). Prospek Investasi Saham di 2017 [online]. Tersedia: http://ekonomi.kompas.com/read/2017/10/04/060000226/prospekinvestasi-saham-di-2017 diakses pada Maret 2024
Meredith, Geoffrey G. (1996). Kewirausahaan, Teori dan Praktek Seri Manajemen. Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo
Moleong, Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakraya
Mubyarto. (2000). Membangun Sistem Ekonomi. Yogyakarta: BPFE
Muhasim, M. (2017). Pengaruh Teknologi Digital Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik.
Jurnal Palapa, Vol 5, No (2)
Paramitha, Devy Indah., dkk. (2022). Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Digital di Provinsi Kalimantan Timur Melalui Kampus UMKM Shopee. Jurnal Kewarganegaraan Sinta, Vol 6, No (2)
Puspitasari, Anggri. (2020). Ekonomi Kreatif. Medan: Yayasan Kita Menulis
Scarborough, Norman., Doug Wilson., Thomas Zimmerer. (2006). Kewirausahaan dan
Manajemen Usah Kecil. Jakarta: Salemba Empat
Siagian, Yolanda M., Asfahani. (2005). Aplikasi Supply Chain Management dalam Dunia
Bisnis. Jakarta: Gramedia Widiasarana
Sobahi, K., C Suhana. (2011). Pemberdayaan Masyarakat dalam Pendidikan di Era Otonomi
Daerah. Bandung: CV Cakra
Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
CV.
Suharto, Edi. (2014). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat (Kajian Strategis
Pembangunan Kesejahteraan Sosial & Pekerjaan Sosial). Jakarta: PT Refika Aditama Sukmana, E. (2016). Peran Pustakawan Pada Era Digital. Jurnal Digitalisasi Pustaka November Suryana. (2008). Kewirausahaan. Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta:
Salemba Empat
Swastha, Basu. (2002). Manajemen Pemasaran (Edisi Kedua, Cetakan Kedelapan). Jakarta: Penerbit Liberty
Tambunan, Tulus. (2012). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia. Jakarta: LP3ES Tarsis, Tarmudji. (2006). Prinsip-prinsip Wirausaha. Yogyakarta: Liberty
Winardi. (2008). Entrepreneur and Entrepreneurship. Jakarta: Kencana

Peraturan Perundang-Undangan
Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah
Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja
Undang-undang Nomor 6 Tahun 2023 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti
Undang-undang Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Cipta Kerja Menjadi Undang-undang
Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Kemudahan Perlindungan, dan
Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah
Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2021 Tentang Satuan Tugas Percepatan dan Pelruasan
Digitalisasi Daerah
Published
2025-02-25
How to Cite
Arifin, S. B., Fauzi, L. M., & Sukmapryandhika, D. (2025). PEMBERDAYAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DALAM PENGEMBANGAN DIGITALISASI PEMASARAN PRODUK BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 7 TAHUN 2021 OLEH PEMERINTAH DAERAH KOTA TASIKMALAYA. Jurnal Prinsip : Jurnal Mahasiswa Magister Ilmu Pemerintahan, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36859/prinsip.v1i2.3404

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>