EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KEBIJAKAN SMART CITY OLEH DINAS PERHUBUNGAN KOTA BANDUNG
(Studi Kasus Pengelolaan Alat Parkir Meter Dalam Program Terminal Parkir Elektronik)
Abstract
Penelitian Tesis ini berjudul “Efektivitas Pelaksanaan Kebijakan Smart City Oleh Dinas Perhubungan Kota Bandung (Studi Kasus Pengelolaan Alat Parkir Meter Dalam Program Terminal Parkir Elektronik)” diangkat karena pelaksanaan program terminal parkir elektronik di Kota Bandung, khususnya dalam pengelolaan alat parkir meter dianggap belum terlaksana secara efektif.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori mengenai efektivitas yang dikemukakan oleh Budiani (Pradipta dan Hariani, 2017) dengan indikator yang meliputi sosialisasi program, pemahaman program, tujuan program, perubahan nyata, dan sistem pengawasan dan pengendalian yang bersifat mendidik. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data diantaranya wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan informan utama ialah Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Kepala UPT Parkir Dinas Perhubungan Kota Bandung, Juru Parkir di Lokasi TPE, dan Masyarakat Umum Pengguna TPE.
Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa selama pelaksanaan sosialisasi, minat juru parkir yang didapatkan cukup baik dan antusias, sedangkan masyarakat sendiri kurang mendapat respon antusias, karena penyebaran yang kurang merata, sehingga masyarakat masih belum mengetahui informasi-informasi secara jelas apa saja dalam program E-Parkir. Belum semua pihak memahami dan pengguna parkir mau membayar retribusi parkir melalui TPE, terlihat dari masih banyaknya pengguna layanan jasa parkir yang malas dan tidak mau direpotkan dengan membayarkan retribusi parkirnya melalui TPE.
Sejauh ini sudah memperlihatkan hasil berdasarkan tujuan program yakni meningkatkan efisiensi pembayaran progresif dan perselisihan antara juru parkir dan masyarakat pengguna parkir dapat diminimalisir. belum terlihat adanya perubahan nyata terhadap kebiasaan masyarakat dalam menggunakan mesin parkir elektronik, terlihat dari masih ditemukan pada Zona Parkir Non tunai pun masih ada pengguna layanan parkir yang membayar menggunakan uang tunai. Dalam pemantauan program sudah cukup efektif dengan dibuktikan adanya bentuk perhatian yang diberikan oleh Dinas Perhubungan Kota Bandung terhadap jalannya E-Parkir melalui pemantaun dan pengontrolan rutin mengenai pelaksanaan di lapangan seperti mendeteksi error, distribusi kertas struk dan mengingatkan alat pada juru parkir.
References
di Kota Surakarta. Jurnal Mahasiswa Wacana Publik, Vol 2, No (2)
Caragliu, C Del Bo., P Nijkamp. (2011). Smart Cities in Europe. Journal of Urban Technology, Vol 18, No (2), hlm 65-82
Chourabi, H., dkk. (2012). Understanding smart cities: An integrative framework. 45th Hawaii
International Conference on System Sciences
Cretu, A.E., RJ Brodie. (2012). The Influence of Brand Image and Company Reputation Where Manufacturers Market to Small Firms: A Customer Value Perspective. Journal of Industrial Marketing Management, Vol 36, hlm 230-240
Dameri, RP., Rosenthal-Sabroux, C. (2014). Smart City: How to Create Public and Economic
Value with High Technology in Urban Space. Switzerland: Spronger International
Deakin, M. (2014). Smart Cities. Routledge
Dunn, William N. (1998). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: UGM Press
Gartner. (2016). Building the Digital Platform. The 2016 CIO Agenda Report
Gedeian, Arthur G., dkk. (1991). Organization Theory and Design. Jakarta: Universitas Terbuka
Giffinger, R. (2007). Smart CIty Ranking of Europian Medium Sized - City. Centre of Regional
Science Jorunal. Vienna University
., H Gudrun. (2010). Smart Cities Rangking: an Effective Instrumen for the Positioning
Of Cities. ACE: Architecture (City and Environment), Vol 4, No (12) Holland, JH., DE Goldberg. (2008). Algorithms and Machine Learning. MIT Press
Hoobs, FD. (1995). Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas (Edisi Kedua). Yogyakarta: UGM Press
Kireina, Hana Andhiga Prasady. (2017). Analisis Strategi Pengembangan Sektor Pertanian Subsektor Tanaman Pangan Dalam Upaya Peningkatan PDRB Kabupaten Magelang. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia
Kurniawan. (2005). Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaharuan
Lindawati, MZ. (2012). Analisis Kebutuhan dan Penataan Ruang Parkir di Kampus Universitas
Baturaja. Jurnal Teknika, Vol 2, No (3)
Moenir, HAS. (2006). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara Moleong, Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Nam, T., TA Pardo. (2011). Conceptualizing Smart City with Dimensions of Technology,
People, and Institutions. The Proceedings of the 12th Annual International Conference on
Digital Government Research, pp. 282-291
Pajrin, Ahmda Alqi. (2018). Pengelolaan Parkir Online dalam Mendukung Peningkatan
Pendapatan Retribusi Parkir di Kota Makassar. Makassar: STIA LAN Makassar
Pradana, Galih Wahyu., dkk. (2021). Kebijakan Parkir Elektronik Sebagai Salah Satu Wujud Penerapan Smart City di Kota Surabaya. Jurnal Manajemen Kebijakan Publik, Vol 6, No (2)
Pradipta, R., D Hariani. (2017). Efektivitas Program Terminal Parkir Elektronik (TPE) di DKI Jakarta (Studi Kasus Jalan H. Agus Salim atau Jalan Sabang Jakarta Pusat). Journal of Public Policy and Management Review, Vol 6, No (2), hlm 189-199
Pribawana, R., O Kurniadi. (2018). Strategi Komunikasi Dinas Perhubungan Kota Bandung dalam Mensosialisasikan Mesin Parkir Elektronik. Jurnal Hubungan Masyarakat
Putri, Shinta Permana. (2023). Pengaruh Smart City dalam Menentukan Keberhasilan City Branding Pada Kelompok Target Penduduk di Kota Surabaya. Jurnal Arsip Rekayasa Sipil dan Perencanaan (JARSP), Vol 6, No (1)
Qohar, Muhammad Taufan. (2018). Analisis Implementasi Kebijakan Terminal Parkir
Elektronik di Kota Bandung. Jurnal Wacana Kinerja, Vol 21, No (2)
Safitri, Benita. (2012). Pengelolaan Parkir On-street oleh Unit Pengelola Perparkiran DKI Jakarta. Depok: Universitas Indonesia
Shapiro, Jesse. (2006). Smart Cities: Quality of Life, Productivity, and the Growth Effects of
Human Capital. The Review of Economics and Statistics Journal, Vol 88, No (2)
Solichin, Abdul Wahab. (1991). Analisa Kebijakan: Dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan
Negara. Jakarta: Bumi Aksara
Steers, M Richard. (1985). Efektivitas Organisasi Perusahaan. Jakarta: Erlangga
Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
CV.
Syamsi, Ibnu. (1988). Pokok-pokok Organisasi dan Manajemen Umum. Jakarta: Bina Aksara
Tobing, Paul L. (2011). Manajemen knowledge Sharing Berbasis Komunitas. Bandung: Knowledge Management Society Indonesia
Widyaningsih, Aristanti. (2013). Hukum Pajak dan Perpajakan. Bandung: Alfabeta
Winarno, Budi. (2007). Kebijakan Publik; Teori dan Proses. Jakarta: PT Buku Kita
Zahnd, Markus. (2006). Perangcangan kota Secara Terpadu Mendefinisikasi Efektivitas dan
Efisiensi. Bandung: Remaja Rosdakarya
PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN
Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah
Undang-undang Nomor 272 Tahun 1996 Tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas
Parkir
Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 1993 Tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan
Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Retribusi Parkir
Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 8 Tahun 2008 tentang Rencana Pembangunan Jangka
Panjang Daerah Kota Bandung 2005-2025
Peraturan Wali Kota Bandung Nomor 1470 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Bandung Kota
Cerdas (Master Plan Bandung Smart City) Periode 2018-2023
Peraturan Walikota Bandung Nomor 1392 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susuna Organisasi, Tugas, dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Perhubungan Kota Bandung
Peraturan Walikota Bandung Nomor 160 Tahun 2017 Tentang Pembentukan, Kedudukan, Tugas dan Fungsi, Susunan Organisasi serta Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Pada Dinas dan Badan di Lingkungan Pemerintah Kota Bandung.