PERAN PEMERINTAH DALAM PEMBERDAYAAN DAN PERLINDUNGAN PASAR TRADISIONAL DI KABUPATEN GARUT
Abstract
Currently, development developments are leading to tourism and the construction
of modern shops and markets, which is making the traditional markets of Garut Regency
little by little replaced by modern markets and modern shops.it still needs to be clarified
regarding market location regulations such as the zoning of traditional markets and
modern markets which are still unclear, apart from that the licensing and market
establishment regulations are also less than optimal, marked by the increasing
proliferation of modern markets and modern shops in Garut Regency which has an impact
on the sustainability of traditional markets. The government's role in empowering
traditional markets managed by the Garut Regency Department of Industry, Trade and
Energy Resources and several other markets which collaborate with third parties as
(private) developers is still lacking in providing guidance to traditional market traders. In
capital assistance, the government facilitates traditional markets with banks for capital
assistance which is still difficult for small traders to reach. The development of traditional
markets and the business actors within them still does not receive serious attention from
the government.
References
pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat: modul latihan. Humaniora Utama
Press (HUP).
Afrizal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan
Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT. RajaGrafindo
Persada.
Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif : Komunikasi, Ekonomi dan
Kebijakan Publik Serta Ilmu Sosial Lainnya. Kencana Prenada Media Grup, Jakarta.
Boeke, J. H, 1953. “Economics and Economic Policy of Dual Societies: As Exemplified
by Indonesia. N. V. Haarlem: HD Tjeenk Willink & Zoon
Sadilah, Emiliana. dkk. 2011. Eksistensi Pasar Tradisional Relasi dan Jaringan Pasar
Tradisional di Kota Semarang-Jawa Tengah. Yogyakarta: Balai Pelestarian Sejarah
dan Nilai Tradisional.
Fatmawati, Rossa Amalia. 2014. Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan
terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran Pada Warung
Kucingan/Angkringan Di Kota Semarang.Universitas Diponegoro
Hasan, Erliana. 2014, Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian Ilmu Pemerintahan, Ghalia
lndoesia, Bogor.
Hikmat, H. 2001. Strategi pemberdayaan masyarakat. Humaniora Utama Press.
Malono Herman. 2011, “Selamatkan Pasar Tradisional”. PT Gramedia Pustaka Utama,
Jakarta.
Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja.
Rosdakarya.
Nielsen, AC. 2010. “Laporan Pertumbuhan Ritel Modern dan Dampaknya Terhadap Ritel
Tradisional”. Jakarta.
Philipus M. Hadjon, dkk. 2005. Hukum Administrasi Negara, Gadjah Mada University
Press, Yogyakarta
Poesoro, Adri. 2007. Pasar Tradisional Di Era Persaingan Global. Lembaga Penelitian
SMERU. Jakarta.
Prabowo, Agung. dkk., 2013, “Pasar Terong Dunia Dalam Kota”, Ininnawa, Makassar.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV.
Alfabeta.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, Menengah.
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah
Peraturan Presiden Nomor 112 tahun 2007 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar
Tradisional, Pusat Perbelanjaan, dan Pasar Modern.
Peraturan Menteri Nomor 70/M-DAG/PER/12/2013 Tentang Pedoman Penataan dan
Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan, dan Toko Modern.
Peraturan Bupati Kabupaten Garut Nomor 16 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua Atas
Peraturan Bupati Garut Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Penataan Dan Pembinaan
Pasar Rakyat, Pusat Perbelanjaan Dan Toko Modern.
Peraturan Bupati Garut Nomor 49 Tahun 2012 Tentang Penataan Dan Pembinaan Pasar
Tradisional, Pusat Perbelanjaan Dan Toko Modern
Peraturan Bupati Garut Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Penataan Dan Pembinaan Pasar
Rakyat, Pusat Perbelanjaan Dan Toko Modern.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Garut Tahun 2024.