ANALISIS KINERJA PEGAWAI KANTOR KECAMATAN DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPADA MASYARAKAT DI KECAMATAN CIPATAT KABUPATEN BANDUNG BARAT

  • Andika Muhammad Arifin Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Yamardi Yamardi Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Bunga Aprilia Universitas Jenderal Achmad Yani
Keywords: Analisis, Kinerja Pegawai, Pelayanan, dan Administrasi.

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Kinerja Pegawai Kantor Kecamatan Dalam Memberikan Pelayanan Administrasi Kepada Masyarakat Di Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat”. Fenomena masalah penelitian ini adalah kinerja pegawai Kecamatan Cipatat memiliki hambatan sehingga pelaksanaannya belum maksimal. Identifikasi masalahnya yaitu Bagaimana Kinerja Pegawai Kantor Kecamatan Dalam Memberikan Pelayanan Administrasi Kepada Masyarakat Di Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Tujuan penelitian untuk mengetahui Kinerja Pegawai Kantor Kecamatan Dalam Memberikan Pelayanan Administrasi Kepada Masyarakat. Penelitian menggunakan teori Uno dan Lamatenggo dengan dimensi Kualitas Kerja, Kecepatan atau Ketepatan Kerja, Inisiatif Dalam Kerja, Kemampuan Kerja, dan Semangat Dalam Kerja. Metode penelitian menggunakan deskriptif pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan studi lapangan. Teknik pengolahan dan analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan penelitian adalah aparatur Kantor Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Hasil penelitian menunjukan Kinerja Pegawai Kantor Kecamatan Dalam Memberikan Pelayanan Administrasi Kepada Masyarakat Di Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat cukup optimal. Berdasarkan dimensi faktor pengaruh kinerja dilihat bahwa aspek kualitas kerja, inisiatif dalam kerja, kemampuan kerja, dan semangat dalam kerja sudah cukup optimal. Namun, pada aspek kecepatan atau ketepatan kerja belum sepenuhnya optimal, dikarenakan pegawai tidak dapat menyelesaikan tugasnya sesuai waktu sehingga kepuasan masyarakat dalam proses pelayanan menjadi kurang memuaskan.

References

Handoko, T. H. (2008). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Cetakan Kedua Belas. Yogyakarta: BPFE.
Mangkunegara, A. P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Rosda.
Mulyasa, E. (2006). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Prawirosentono, S. (1999). Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE.
Robbins, S. P. (2002). Prinsip - prinsip Perilaku Organisasi, Terjemahan, edisi kelima. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Siagian, S. P. (1988). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Gunung Agung.
Soeprapto. (2000). Evaluasi Kebijakan. Jakarta: Rineka Cipta.
Suwindia, I. &. (2021). Kinerja Pegawai, Ditinjau dari Faktor Kepemimpinan Moderat Berlandaskan Tri Kaya Parisudha, Sikap Sosial, dan Kemampuan Kerjasama. Bali: Mpu Kuturan Press
Uno, H. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara & Reformasi Birokrasi No. 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara.
Peraturan Bupati Bandung Barat Nomor 18 Tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pendelegasian Kewenangan Dari Bupati Kepada Camat Di Lingkungan Pemerintah Daerah.
Peraturan Bupati Bandung Barat Nomor 9 Tahun 2023 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi Serta Tata Kerja Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat.
Published
2025-02-17
How to Cite
Arifin, A., Yamardi, Y., & Aprilia, B. (2025). ANALISIS KINERJA PEGAWAI KANTOR KECAMATAN DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPADA MASYARAKAT DI KECAMATAN CIPATAT KABUPATEN BANDUNG BARAT. Jurnal Praxis Idealis : Jurnal Mahasiswa Ilmu Pemerintahan, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36859/jp.v2i1.3359

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>