PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL TERHADAP KINERJA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BANDUNG

  • Firdaus Satria Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Yamardi Yamardi Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Dahly Sukmapryandhika Universitas Jenderal Achmad Yani
Keywords: Implementasi Kebijakan, Standar Pelayanan Minimal, Pendidikan.

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Implementasi Kebijakan Standar Pelayanan Minimal Terhadap Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung” yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh implementasi kebijakan Standar Pelayanan Minimal terhadap kinerja Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung. Dalam peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 59 Tahun 2021 tentang penerapan Standar Pelayanan Minimal, penetapan Standar Pelayanan Minimal ini dilakukan tidak hanya berdasarkan jumlah target sasaran penerima layanan tetapi juga berdasarkan mutu minimal layanan dasar yang bersifat mutlak dan mudah distandarkan yang berhak diperoleh oleh setiap warga negara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden, menggunakan teknik Simple Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif yang signifikan antara implementasi kebijakan SPM dan kinerja pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung. Kendala utama yang diidentifikasi adalah keterbatasan sumber daya dan kompleksitas birokrasi yang memperlambat implementasi. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan kapasitas SDM, optimalisasi anggaran, serta reformasi birokrasi guna memastikan efektivitas kebijakan. Implementasi strategi ini diharapkan dapat meningkatkan layanan pendidikan di Kabupaten Bandung secara signifikan, perbaikan ini juga akan mendukung peningkatan kualitas layanan pendidikan di wilayah tersebut.

References

Budiarto, A. (2021). Pengaruh Penerapan Standar Pelayanan Minimal (Spm) Terhadap Pembangunan Manusia Di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora.
Guntur, S. (2022). Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Grasindo.
Mangkunegara. (2006). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Refika Aditama
Prasetyo, A. E., Andhika, & Iswahyudi. (2021). Strategi Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Dalam Pemerataan Tenaga Pendidik Untuk Memenuhi Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar Di Kabupaten Biak Numfor. Gema Kampus, Vol. 16 No. 1.
Prasetyo, B. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Setiawati, Esti. (2018). Studi Evaluatif Implementasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pendidikan Dasar Di Kabupaten Bantul. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, Vol. 4, No. 2.
Setiyawan, & Waridin. (2009). Pengaruh Disiplin Kerja Karyawan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja di Divisi Radiologi RSUP Dokter Karyadi Semarang. JBRI, Vol. 2 No. 1 .
Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Vitri, Oktaria, & Wibawa, Sutrisna. (2022). Implementasi Pemenuhan Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Di Kapanewon Seyegan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Media Manajemen Pendidikan, Vol 5 No. 2.
Published
2025-02-17
How to Cite
Satria, F., Yamardi, Y., & Sukmapryandhika, D. (2025). PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL TERHADAP KINERJA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BANDUNG. Jurnal Praxis Idealis : Jurnal Mahasiswa Ilmu Pemerintahan, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36859/jp.v2i1.3355

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>