PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU PEMILIH DALAM PEMILIHAN PRESIDEN TAHUN 2024 DI KOTA CIMAHI

  • Septian Eko Cahyo Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Toto Kushartono Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Bunga Aprilia Universitas Jenderal Achmad Yani
Keywords: Media Sosial, Instagram, Perilaku Pemilih, Pemilu 2024

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Perilaku Pemilih pada Pemilihan Presiden Tahun 2024 di Kota Cimahi”. Masalah penelitian ini berfokus pada peran media sosial dalam memengaruhi keputusan pemilih, khususnya di kalangan pemilih yang aktif menggunakan Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan Instagram terhadap perilaku pemilih di Kota Cimahi. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perilaku pemilih dari Surbakti yang menjelaskan faktor struktural, sosial, psikologis, dan rasional dalam memengaruhi perilaku pemilih, serta teori Katz & Blumler yang menguraikan penggunaan media sebagai alat komunikasi untuk memenuhi kebutuhan informasi dan membentuk opini publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Sampel penelitian berjumlah 100 responden yang dipilih melalui teknik cluster sampling dari tiga kecamatan di Kota Cimahi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Instagram memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pemilih, dengan kontribusi sebesar 12%. Variabel penggunaan media sosial berperan penting dalam memengaruhi preferensi politik, penilaian kandidat, dan intensitas akses informasi pemilu. Berdasarkan hasil penelitian, media sosial Instagram menjadi salah satu alat komunikasi politik yang efektif dalam meningkatkan partisipasi pemilih.

References

Balo, B. K. N. M. S. (2019). Use of social media in Election Marketing in Bangladesh: Its impact on Voting Behavior. Khulna University Business Review, 12(December), 1–12.
Islami, J., & Ilham Zitri. (2023). Pengaruh Media Massa Terhadap Perilaku Pemilih Pemula Pada Pemilu 2024 Di Kota Mataram. Jurnal Komunikasi Dan Kebudayaan, 10(1), 93–109. https://doi.org/10.59050/jkk.v10i1.223
Fikri, S., Nabilah, I. F., Wulan Sari, I. S., & Siregar, T. F. (2022). Perbandingan Pemilihan Umum Presiden Di Indonesia Dengan Korea Selatan. Legalitas: Jurnal Hukum, 14(1), 78. https://doi.org/10.33087/legalitas.v14i1.309
Maychellina, Sabina, V., & Wibisono, R. B. (2023). President Elections Mechanism: Comparative Studies from Indonesia, Russia, and Türkiye. 16, 1–23.
Obani, E. F., & Odalonu, B. H. (2019). Election and Voting Behaviour in Nigeria. Journal of Teacher Education (SECJOTE), 5(1), 122–131. https://www.researchgate.net/publication/348362841
surbakti, ramlan. (1999). Downacademia.Com_Memahami-Ilmu-Politik-Ramlan-Surbakti-Pdf.Pdf.
Tarigan, J. M., Soesilo, T. D., & Irawan, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial (Instagram) Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 3(2), 81. https://doi.org/10.31100/jurkam.v3i2.372
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta, 2. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta
Published
2025-02-17
How to Cite
Cahyo, S., Kushartono, T., & Aprilia, B. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU PEMILIH DALAM PEMILIHAN PRESIDEN TAHUN 2024 DI KOTA CIMAHI. Jurnal Praxis Idealis : Jurnal Mahasiswa Ilmu Pemerintahan, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36859/jp.v2i1.3353

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>