EFEKTIVITAS KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN CIPAGERAN KOTA CIMAHI
Abstract
Penelitian ini “Efektivitas Kinerja Aparatur Sipil Negara dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Cipageran Kota Cimahi”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas kinerja Aparatur Sipil Negara dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Permasalahan yang diangkat menyangkut bagaimana keefektivitasan kinerja Aparatur Negeri Sipil dalam meningkatkan Pelayanan Publik pada kepengurusan administrasi kependudukan KTP-EL dan KK.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Terdapat tiga indikator untuk mengukur efektivitas kinerja yaitu 1) Kuantitas Kerja 2) Kualitas Kerja 3) Pemanfaatan Waktu.
Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas kinerja Aparatur Sipil Negara terdapat empat sub indikator yang sudah berjalan dengan baik, yaitu kecepatan, kemampuan, kerapian dan pendelegasian tugas. Tercapainya kecepatan karena Aparatur sudah cepat tanggap dalam melayani sesuai dengan SOP yang berlaku. Aparatur juga berseragam rapi, dokumen dan peralatan kantor juga sudah rapi. Sudah melakukan pendelegasian tugas secara sistematis sesuai dengan struktur organisasi. Namun terdapat sub indikator yang belum berjalan dengan baik, yang pertama ketelitian, dalam melayani aparatur kurang teliti sehingga melakukan kesalahan, baik dari aparatur nya sendiri maupun kesalahan dari fasilitas kantor yang kurang mendukung, serta adanya target/waktu yang jelas yaitu ketidaksesuaian antara beban kerja yang diterima dan waktu yang diberikan dengan kenyataan di lapangan.
References
Abdullah. M. (2014). Buku Manajemen Dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Aswaja Pressindo.
Agus Dwiyanto. (2005). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Pustaka Belajar.
Akram, M. (2010). Time Habit Kebiasaan Efektif Mengelola Waktu. Pustaka Marwa.
Bintoro & Daryanto. (2017). Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Gava Media.
Danim, S. (2004). Motivasi Kepemimpinan & Efektivitas Kelompok. PT Rineka Cipta.
Gie, the liang. (2000). Administrasi Perkantoran Modern. Nur Cahaya.
Hasibuan, M. (2003). Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Prodiktivitas. Bumi Aksara.
Indonesia, P. R. (2009). UU RI No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Lembaran Negara RI Tahun 2009. Sekretariat Negara. Jakarta, 2003(1), 20–28.
M. Streers, Richard. (1985). Efektivitas Organisasi, Cetakan Kedua. Erlangga.
Mardiasmo. (2017). Manajemen Kinerja Sektor Publik. UPP AMP.
Moenir H.A.S. (2002). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara.
Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remadja Karya.
Siagian, S. P. (1994). Pengelolaan Sumber Daya Manusia. SIUP.
Siswanto. (2007). Kesehatan Mental: Konsep Cakupan dan Perkembangannya. C.V ANDI OFFSET.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualiatif dan R&D. Alfabeta
Tangkilisan, H. N. S. (2007). Manajemen Publik. Grasindo 184.
Tika, P. (2006). Budaya Organisasi Dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. PT Bumi Aksara.
JURNAL
Andra, A., Surya, I., & Dama, M. (2017). Efektifitas Kinerja Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Sungai Dama Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda. EJournal Ilmu Pemerintahan, 6(2), 867–880.
Kurniawan, R. C. (2016). Challenges of Public Service Quality in Local Government. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik Dan Pembangunan, 7(1), 15–26.
Widikusyanto, M. J., Nafiuddin, Isqodrin, N., Wibowo, H. A., & Marwan, J. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Kerja Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara Pemerintah Provinsi Banten. Jurnal Sains Manajemen, 2(2), 72.
Yublina Jera Waunjang, R. M. C. W. (2019). Strategi Camat Dalam Meningkatkan Kinerja. 8(4), 398–404.
N. Iriyanti, R. Hayati, S. Rijali. (2022) Efektivitas Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara (Asn) Dalam Pelayanan Publik Pada Kantor Kecamtan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah. JAPB: Jurnal Mahasiswa Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis, 5(1), 327-344.
S. Bonita. (2021) Efektivitas Kerja Pegawai Negeri Sipil Dalam Pelayanan Publik. E-Journal Unsrat, 1, 105-112.
T.Ratnaningsih. (2020) Efektivitas Kinerja Aparatur Sipil Negara Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Pada Masyarakat I Kelurahan Merah Kecamatan Samarind Utara Kota Samarinda. eJournal Ilmu Pemerintahan, 8(4), 107-120.
PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN
Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara (ASN)
Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik
Peraturan Walikota Cimahi Nomor 30 tahun 2013 Tentang Pakaian Dinas
TESIS ATAU DISERTASI
Sianipar, C. (2022). Efektivitas Kinerja Aparatur Sipil Negara Pada Kantor Koordinator Wilayah Pendidikan Kecamatan Bosar Maligas Kabupatem Simalungun. https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/18259
WEBSITE
Ombudsman RI. (2023). Pelayanan Publik Kita Masih Buruk. Ombudsman.Go.Id. https://ombudsman.go.id/artikel/r/pwkinternal--pelayanan-publik-kita-masih-buruk