IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT MELALUI APLIKASI TEMAN PBB DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN WAJIB PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI KOTA BANDUNG

  • Siti Alvianti Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Arlan Siddha Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Toto Kushartono Universitas Jenderal Achmad Yani
Keywords: Implementasi, e-government

Abstract

Penelitain ini berjudul “Implementasi e-Government melalui aplikasi Teman PBB dalam Meningkatkan Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan di Kota Bandung”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelayanan public berbasis e-Government terhadap masyarakat dalam pelayanan pajak bumi dan bangunan di  Kota Bandung. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini  adalah bagaimana implementasi pelayanan public melalui e-Government yang sudah di sediakan pleh pemerintah kota bandung. Penelitian ini merumuskan masalah terkait bagimana implementasi pelayanan pajak bumi dan bangunan dalam aplikasi teman PBB di kota bandung.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan kulaitatif. Teknik pengumpulan data dengan data sekunder maupun primer (wawancara dan observasi).Informan Kepala Bidang Pajak Bumi dan Bangunan Kota Bandung, Staff Analisis Sistem Komputer Jaringan, Staff Analisis Penagihan dan Pemeriksaan Pajak Bumi dan Bangunan dan dua perwakilan masyarakat Kota Bandung.

Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan e-Government tentang pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan melaui Aplikasi Teman PBB Meskipun aplikasi ini sudah ada penggunaannya, pencapaiannya masih dalam tahap progres.  (1) ketersediaan data dinyatakan sudah memadai dan mendukung kebutuhan saat ini. (2) adanya peraturan walikota bandung nomor 98 Tahun 2022 tentang perubahan ketiga peraturan Kota Bandung tentang petunjuk teknis dan tata cara pemungutan pajak bumi dan bangunan. (3) Adanya  e-governmnet tentunya dapat memajukan intunsi pemerintah dalam pelayanan publik. (4) kesiapan infrastruktur manusia, tidak ada pelatihan formal, aparat di lapangan diberikan (5) Perangkat keras/unit computer yang telah disediakan oleh intunsi cukup  mumpuni dikarenakan  dalam mengakses pelayanan dari masyarakat cukup mumpuni. (6) Strategi kepemimpinan untuk transformasi e-Government berfokus pada pengelolaan visi dan misi dalam pengambilan keputusan.

References

Adisasmasmita Rahardjo. (2011). Manajemen Pemerintah Daerah. Yogyakarta Graha Ilmu .
Alma Buchari. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Buchari, R. A. (2016). Implementasi e- Service Pada Organisasi Publik Di Kelurahan Cibangkong Kecamatan Batununggal Kota Bandung (Vol. 18, Issue 3).
Januar Christian, A., Marta dan Leo Agustino KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PENGURUSAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN KOTA CIMAHI Fajri Miftahuddin, A. DI, Sri Nugroho, H., Putri Rengganis dan Muhammad Eko Atmojo, I., & Gunawan Wibiksana, I. (n.d.). Implementasi Kebijakan Bandung Barat Ca’ang Bidang Model Kerja Sama Pemerintah-Swasta Inovasi Pemerintah Desa Dalam Mewujudkan Pemberdayaan Masyarakat. http://ojs.unikom.ac.id/index.php/agregasi
Kumoroto Wahyudi. (2009). Governance Reform di Indonesia. Gava Media . Lestari Tri, R. B. (2012). POLRI DAN APLIKASI ELECTRONIC GOVERNMENT DALAM PELAYANAN PUBLIK. CV. Pura Media Nusantara.
Published
2024-10-26