PENGARUH STRATEGI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN TERHADAP PENGEMBANGAN WISATA CURUG MALELA SEBAGAI OBJEK WISATA DI KABUPATEN BANDUNG BARAT

  • M. Fasya Gusthiar Pangestu Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Toto Kushartono Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Zaenal Abidin AS Universitas Jenderal Achmad Yani
Keywords: Strategi, Pengembangan, Wisata.

Abstract

Penelitian ini membahas masalah penelitian mengenai masih belum maksimalnya dalam persoalan infrastruktur yang kurang memadai Kurangnya dan tidak diimbangi dengan sarana dan prasana yang dapat menjadi penunjang lebih baik seperti, ketersediaan air bersih, sarana tempat parkir, rambu sampah belum optimalnya sumber daya alam penunjang aktivitas wisata Curug Malela yang menyebabkan on-off untuk operasional wisata. Metode penelitian yang digunakan survey explanatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan studi pustaka dan lapangan (penyebaran angket). Penelitian ini menggunakan Structural Equetion Modeling (SEM) dengan program AMOS 22.0. menggunakan teknik Simple Random Sampling dan jumlah Populasi1.841, sampel 128. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel pengaruh strategi dinas berada pada kategori cukup baik. Hal tersebut dapat dilihat dari variabel Kualitas Pelayanan Publik diperoleh skor rata-rata sebesar 3,28 yang artinya masuk dalam kategori cukup baik berada pada kisaran rentang skor 2,61-3,40. variabel Pengembangan Wisata berada pada kategori cukup baik. Hal tersebut dapat dilihat dari skor rata-rata sebesar 3,26 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis Berdasarkan perhitungan, terlihat bahwa nilai koefisien determinasi sebesar 54.5%. Hal ini menunjukkan bahwa besar pengaruh Strategi (X) terhadap variabel Pengembangan Wisata Curug Malela sebagai Objek Wisata di Kabupaten Bandung Barat (Y) adalah sebesar 54,5%.

References

Ameliana, Risma. Analisis Factor Pendorong dan Penarik Wisatawan Yang Berkunjung Ke Curug Malela Kabupaten Bandung Barat. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Skripsi, 2019.
Bonita, Fadel Firdaus. Analisis Kualitas Fasilitas Wisata Berdasarkan Persepsi Pengelola dan Pengunjung di Wana Wisata Curug Malela Kabupaten Bandung Barat. Bandung: Skripsi, 2016.
Harjo, Darsi, Wanjat Kastolani dan Galih Nugraha Pratama Nayoan. “Strategi Pengembangan Wisata Minat Khusus Arung Jeram di Sungai Palayangan”. Jurnal Manajemen Resort dan Leisure. Vol. 13, No. 1, April 2016.
Giswanti, Wina Ayu. Strategi Pemerintah Dalam Penerapan System Informasi dan Aduan Online di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sidenreng Rappang. Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar: Skripsi, 2018.
Hutabarat, LB. Ruth Florida W.M. “Strategi Pengembangan Usaha Kuliner di Kota Malang Berbasis Ekonomi Kreatif”. Jesp-Vol. 7, No 1 Maret 2015.
Ibrahim, Tofan. “Strategi Pemerintah Kecamatan Langensari Dalam Pencegahan Covid-19”. Vol. 6 No. 2, Februari 2022.
Karini, Rieke Sri Rizki Asti dan Rachmat Astiana. “Studi Perencanaan dan Pengembangan Objek Wisata Danau (Studi Kasus Situ Ciburuy)”. Jourism Scientifie Journal. Volume 8 Nomor 1, Desember 2022.
Lestari, Indah Ayu, Samsir Rahim dan Rasdiana. “Strategi Pengembangan Program Desa Wisata Dalam Mewujudkan Desa Mandiri di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar”. Journal Unismuh. Volume, 4 Nomor 2, April 2023.
Oktarina et all. “Potensi Wisata Alam Air Terjun Aik Penyaber Desa Keposang”. Jurnal Abdimas Bina Bangsa. Vol. 02, No. 01, Juli 2021.
Tjahyono, Novilia. “Strategi Marketing Communications Grand City Mall Surabaya Dalam Membangun Brand Awareness Melalui Event Earth Hour 2013”. Jurnal E-Komunikasi. Vol. 2, No. 1 Tahun 2014.
Bryson, J. (2007). Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Sosial . Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Hutapea, B. O. (2017). Strategi Pemerintah daerah Dalam Pengembangan Kawasan Wisata Muara Kabupaten Tapanuli Utara provinsi Sumatera Utara Tahun 2015. JOM FISIP, 4(1).
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekata Praktik Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Bambang, S. &. (2007). Perencanaan dan Pengembangan Destinasi Wisata. Malang: s.n. 122
Bryson, J. (2007). Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Sosial . Yogyakarta: Pustaka Belajar.
David, F. R. (2011). Strategic Manajement . Jakarta .
dkk, A. H. (2010). Manajemen Strategi Keorganisasian Publik . Bandung : PT.Refika Aditama .
Hutapea, B. O. (2017). Strategi Pemerintah daerah Dalam Pengembangan Kawasan Wisata Muara Kabupaten Tapanuli Utara provinsi Sumatera Utara Tahun 2015. JOM FISIP, 4(1).
Indriani, J. (2017). PENGARUH CITY BRANDING PADA CITY IMAGE DAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN . Manajemen, 41-52.
Andrea, I. (2011). Branding The City as an Attractive Place to Live . United Kingdom, Basingstoke : Palgrave Macmillan .
Kusumawati. (2020). City Branding: Konsep dan Isu dalam Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: Deepublish.
Makmur. (2009). Teori Manajemen Stratejik Dalam Pemerintahan dan Pembangunan . Bandung: PT. Refika Aditama.
Ndraha, T. (2015). Kybernologi (ilmu Pemerintahan Baru) . Jakarta : PT. Rineka Cipta .

Peraturan Undang-Undang
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah
Undang-Undang Nomor 10 tahun 2009 Tentang Kepariwisataan
Peraturan Daerah No 7 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan Daerah
Peraturan Bupati Kabupaten Bandung Barat Nomor 53 Tahun 2021 Tentang Tugas, Fungsi, Rincian Tugas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan
Rencana Strategis Dinas Pariwisata, dan Kebudayaan Tahun 2018-2023
Published
2025-02-13
How to Cite
Pangestu, M. F., Kushartono, T., & Abidin AS, Z. (2025). PENGARUH STRATEGI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN TERHADAP PENGEMBANGAN WISATA CURUG MALELA SEBAGAI OBJEK WISATA DI KABUPATEN BANDUNG BARAT. Jurnal Praxis Idealis : Jurnal Mahasiswa Ilmu Pemerintahan, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36859/jp.v2i1.2678

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>