PENGARUH KINERJA DINAS SOSIAL TERHADAP EFEKTIVITAS PELAYANAN REHABILITASI SOSIAL DASAR ANAK JALANAN DI KOTA BANDUNG

  • Ara Sugihartini Universitas Jenderal Achmad Yani
Keywords: Kinerja, Efektivitas, Dinas Sosial.

Abstract

Judul Skripsi “Pengaruh Kinerja Dinas Sosial Terdahadap Efektivitas Pelayanan Rehabilitasi Sosial Dasar Anak Jalanan Di Kota Bandung”. Masalah dalam penelitian belum tercapainya kinerja dinas sosial terhadap pelayanan rehabilitasi sosial dasar dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis kinerja Dinas Sosial terhadap pelayanan rehabilitasi sosial dasar pada dinas sosial, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kinerja Dinas Sosial terhadap efektivitas pelayanan rehabilitasi sosial dasar anak jalanan. Teori yang digunakan di penelitian ini adalah teori Kinerja Organisasi menurut Mangkunegaran (Kualitas, Kuantitas, Pelaksanaan Tugas, Tanggung jawab) dan teori Efektivitas menurut Tangkilisan (Pencapaian Target, Kemampuan Adaptasi, Kepuasan Kerja, Tanggung Jawab)

Peneliti menggunakan metode eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Responden; Pegawai Dinas Sosial Bidang Rehabilitasi, UPTD Rumah Singgah, UPT Puskesos, anak yang mengikuti rehabilitasi sosial. Teknik pengumpulan data, studi pustaka, dan studi lapangan(angket dan dokumentasi). Teknik analisis data uji normalitas, uji hipotesis(uji T), analisis regresi linear sederhana, dan koefisien determinasi, menggunakan teknik random sampling dan ukuran populasi 327 dengan sampel 100 responden.

Berdasarkan hasil penelitian ini  menunjukkan variabel Kinerja memperoleh skor sebesar 3.89 kategori setuju. Efektivitas pada kategori setuju dengan skor 4.07. Hasil Penelitian menunjukkan uji hipotesis variabel Kinerja Dinas Sosial Terhadap Efektivitas, menunjukkan nilai t sebesar 6,171  dan nilai signifikansi 0,000 (<0,05), sehingga diambil keputusan Ho ditolak dan Ha diterima, berarti kinerja Dinas Sosial berpengaruh terhadap Efektivitas

References

Abdullah, Y. A. (2021). Peranan Bidang Pelayanan Rehabilitasi Sosial (Dinas Sosial) Dalam Penyelenggaraan Anak Jalanan. 9(1), 78–91.
Akbar, R. (2023). Efektivitas Aplikasi M-Paspor Dalam Aspek Pelayanan Publik Dan E-Government. 6(1), 109–118. https://doi.org/10.52617/jikk.v6i1.380
Baihaqi, Y., Rochim, M., Komunikasi, P. M., Komunikasi, F. I., & Bandung, I. (2023). Hubungan Penyuluhan dalam Program Rehabilitasi Sosial dengan Perubahan Perilaku Anak Jalanan di Kota Cimahi. Vol.3, 183–193. https://doi.org/10.29313/bcscm.v3i1.5586
Harahap, R. S. (2020). Implementasi Kebijakan Program Pembinaan Anak Jalanan Di Kota Medan. Jurnal Ilmiah, I(2), 92–98. http://journal.upmi.ac.id/index.php/fmu/article/view/121
Imam Muazansyah, & Indah Sari. (2022). Efektivitas Administrasi Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Tanjung Selor Timur Kecamatan Tanjung Selor Kabupaten Bulungan. Policy and Maritime Review, 1(2), 102–110. https://doi.org/10.30649/pmr.v1i2.39
Kadek, S. N., & John. (2018). Buku Kinerja Organisasi. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=itV5DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=kinerja+perusahaan&ots=NACXWzlFHq&sig=rKMUdjIAkvwhieNDsm7kGQsofH0
Mahmudi. (2013). Manajemen Kinerja, Kinerja Organisasi serta Implikasinya Terhadap Kualitas Pelayanan Organisasi Sektor Publik. Jurnal Ilmu Administrasi, VIII(3), 312–321.
Mangkunegara, A. P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya.
Nafisah, A., & Marwiyah, M. (2022). Efektivitas Pelayanan Admnistrasi Kependudukan Melalui Kanal Website Go Digital (Godigi) Di Mal
Pelayanan Publik Kabupaten Probolinggo. Jurnal Niara, 15(3), 507–513. https://doi.org/10.31849/niara.v15i3.10832
Nurfadilah, R., & Priyanti, E. (2023). Efektivitas pemerintah desa dalam pelayanan publik di desa mekarjaya 1,2). 4(4), 6998–7001.
Putri,S. R., Putra, I. M., Studi, P., Sosiologi, P., Padang, K., & Jalanan, A. (2022). Implementasi Program Pelayanan Rehabilitasi Anak Jalananan. 24(2), 217–236.
Sharfina, H., Alqarni, W., & Rassanjani, S. (2012). Efektivitas Pelayanan Publik Pemerintah Kabpaten Aceh Besar Terhadap Aspek Infrastruktur Jalanan. 2, 1–9. http://www.jim.unsyiah.ac.id/Fisip%0A
Surjadi. (2009). Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=54448
Suryani Kadek Ni, F. E. H. J. J. (2018). Book: Kinerja Organisasi. http://repository.ubharajaya.ac.id/9345/1/Kinerja Organisasi.pdf
Tangkilisan, H. N. S. (2007). Buku Manajemen Publik. PT Grasindo. https://books.google.co.id/books?id=kWGVXrjpcjQC&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Tsauri, S. (2014). MANAJEMEN KINERJA Performance Management. In STAIN Jember Press. http://digilib.uinkhas.ac.id/1721/1/BUKU SOFYAN TSAURI MANAJEMEN KINERJA 2014.pdf
UNICEF. (2020). Situasi Anak di Indonesia - Tren, peluang, dan Tantangan dalam Memenuhi Hak-Hak Anak. Unicef Indonesia, 8–38. https://www.unicef.org/indonesia/sites/unicef.org.indonesia/files/2020-07/Situasi-Anak-di-Indonesia-2020.pdf
Published
2024-10-17
How to Cite
Sugihartini, A. (2024). PENGARUH KINERJA DINAS SOSIAL TERHADAP EFEKTIVITAS PELAYANAN REHABILITASI SOSIAL DASAR ANAK JALANAN DI KOTA BANDUNG. Jurnal Praxis Idealis : Jurnal Mahasiswa Ilmu Pemerintahan, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36859/jp.v1i1.2633