EVALUASI PERATURAN WALIKOTA CIMAHI TENTANG KEBIJAKAN SISTEM ZONASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) PADA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI KOTA CIMAHI
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan Mendeskripsikan, menganalisis tentang evaluasi dari sistem zonasi pada jalur penerimaan peserta didik baru (PPDB) pada tingkat sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Cimahi yang ada dalam Peraturan Wali Kota Cimahi Nomor 14 Tahun 2024 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada Taman Kanak – Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Metode dalam penelitian ini dengan menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sistem zonasi di kota cimahi dibagi menjadi zonasi kecamatan, yaitu kecamatan cimahi utara dengan total 5 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri, kecamatan cimahi Tengah total 6 (enam) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri, dan terakhir kecamatan cimahi Selatan dengan total 5 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem zonasi yang diterapkan dinilai belum cukup efektif dalam mencapai tujuannya, yakni pemerataan Pendidikan dengan menghilangkan istilah sekolah favorite dan tidak favorite. Masih banyak orang tua yang merasa kebingungan dengan sistem zonasi ini karena kesusahan untuk mendaftarakan anaknya, apalagi dilihat dari kecukupan sekolah juga dalam jumlahnya belum cukup dan sarana fasilitasnnya juga masih belum merata.
References
Kemendikbud, ‘Kemendikbud: Sistem Zonasi Mempercepat Pemerataan Di Sektor Pendidikan’, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2015, p. 1. Diakses di: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/06/kemendikbud-sistem-zonasi-mempercepat-pemerataan-di-sektor-pendidikan.
Pusdiklat Perpusnas Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Prof. Dr. Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D (Bandung: Alfabeta Bandung, 2014)
William N Dunn, "Pengantar Analisis Kebijakan Publik" Edisi Kedua, by Gadjah Mada University Press, (Yogyakarta, 2003)