PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KELURAHAN PADASUKA KOTA CIMAHI
Abstract
Skripsi ini berjudul "Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kelurahan Padasuka Kota Cimahi". Masalah dalam penelitian ini Kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan pelayanan publik di Kelurahan Padasuka masih belum terpenuhi. Identifikasi Masalah bagaimana kualitas pelayanan administrasi kependudukan, kepuasan masyarakat terhadap pelayanan administrasi, pengaruh kualitas pelayanan administrasi kependudukan. Tujuan penelitian untuk menganalisis Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan, Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan administrasi, dan seberapa besar Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan.
Variabel Pengaruh Kualitas Pelayanan dengan menggunakan Teori menurut Zeithaml, Parasuraman & Berry (2010:135) yang meliputi Bukti Langsung (Tangibles), Perhatian (Empathy), Keandalan (Realibility), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance). Sedangkan untuk Kepuasan Masyarakat menggunakan teori Lupiyuadi (2001: 139) juga meliputi Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Emosional, Harga, Biaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitianeksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel 100 orang, meliputi : 100 masyarakat Kelurahan Padasuka Kota Cimahi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, studi kepustakaan, dan observasi.
Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa hasil perhitungan tabulasi skor total, pengukuran yangdilakukan melalui skala likert dengan variabel Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan berada pada kategori cukup baik. Hal tersebut dapat dilihat dari variabel Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan diperoleh nilai skor total rata-rata sebesar 3,40 yang artinya masuk dalam kategori cukup baik berada pada kisaran rentang skor 2,60-3,40 sedangkan variabel kepuasan masyarakat diperoleh nilai skor total 3,36 yang artinya masuk dalam kategori cukup baik berada pada kisaran rentang skor 2,61-3,40.Artinya Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Kelurahan Padasuka Kota Cimahi yang dijalankan menurut pandangan serta tanggapan responden adalah belum sepenuhnya menunjukan hasil yang sesuai harapan. Berdasarkan perhitungan besar pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan (X) terhadap variabel Kepuasan Masyarakat Kelurahan Padasuka Kota Cimahi (Y) adalah sebesar 51,4%. Pengaruh selebihnya, sebesar 48,6% merupakan pengaruh oleh faktor- faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
References
Purwanto, E. A dan Dyah Ratih Sulistyastuti, 2007. Metode Penelitian Kuantitatif untuk Administrasi Publik, dan Masalah – Masalah Sosial. Yogyakarta: Gaya Media
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sinambela, Lijan Poltak, 2010 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Publik. Jakarta: Rineke Cipta