PENGARUH PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNMENT TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN E-KTP DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MAJALENGKA
Abstract
Penelitian ini berjudul "Pengaruh Pelayanan Publik Berbasis E-Government terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pembuatan E-KTP Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Majalengka". Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelayanan publik berbasis e-government terhadap kepuasan masyarakat dalam pembuatan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Majalengka. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pelayanan publik berbasis e-government terhadap kepuasan masyarakat, serta berfokus pada sebelum dan sesudah adanya pelayanan e-government di Disdukcapil kabupaten Majalengka. Penelitian ini juga merumuskan masalah terkait bagaimana pelayanan publiknya, bagaimana kepuasan masyarakatnya, dan seberapa besar pengaruh antara pelayanan publik berbasis e-government terhadap kepuasan masyarakat.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (mixed methods) dengan model sequential explanatory, data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada masyarakat Kabupaten Majalengka sebanyak 100 responden sebagai sampel, serta wawancara mendalam dengan 5 informan terpilih untuk melengkapi data dalam penelitian. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, penyebaran kuesioner, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh dari variabel Pelayanan Publik E-Government terhadap Kepuasan Masyarakat dalam pembuatan E-KTP, serta alasan yang paling umum yaitu karena dirasa lebih cepat, raktis, dan efisien.
References
Hariyanto, E. (2017) Naskah Akademik Dan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pengelolaan E-Government Di Provinsi Sumatera Barat. Padang.
Indrajit (2002) E-Government Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta: Andi Offset.
Juwono, V. (2020) Pelayanan Publik Dan E-Government Sebuah Teori dan Konsep. Edited by Y.S. Hayati. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Nababan, R. (2021) ‘Implementasi pelayanan publik berbasis e-government melalui ogan lopian’, Kinerja, 18(4), pp. 502–512. Available at: https://doi.org/10.30872/jkin.v18i4.9804.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009
Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003
Peraturan Bupati (PERBUP) Nomor 13 Tahun 2021 Bupati Kabupaten Majalengka.