STRATEGI KEMENANGAN PARTAI NANNGROE ACEH DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH ACEH SELETAN PROVINSI ACEH
Abstract
Penelitian ini mengkaji kemenangan pemilu H. Azwir, S.Sos dan Tgk. Amran,
yang didukung oleh Partai Nanggroe Aceh (PNA) bersama HANURA, PDIP, dan
PKB dalam pilkada Aceh Selatan. Kemenangan mereka tidak terduga, karena
banyak yang mengantisipasi petahana akan menang. Penelitian ini berfokus
pada strategi kampanye yang digunakan oleh PNA yang berkontribusi pada
keberhasilan ini, mengajukan pertanyaan: “Strategi apa yang digunakan PNA
dalam kampanye mereka?” Analisis mencakup efektivitas strategi ini dan
keterlibatannya dengan pemilih, menyoroti pentingnya perencanaan strategis
dalam hasil pemilihan
References
Alifahmi, Hifmi. 2005. Strategi Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Quantum
Alwasilah. A. Chaedar. 2002. Dasar-Dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.
Budiardjo, Miriam. 2003. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta:PT Gramedia
Firmanzah. 2008. Marketing Poiitik Antara Pemahaman dan Realitas. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Hadari, Nawawi. 2001. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Prihatmoko, Joko J. 2005. Pemilihan Kepala Daerah Langsung. Filosofi, Sistem dan Problema Penerapan di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syaukani, HR, Afan Gaffar, dan M. Ryaas Rasyid. 2002. Ctonomi Daerah dalam Negara Kesatuan. Yogyakarta: Kerjasama Pustaka Pelajar dan Pusat Kajian Etika Politik dan Pemerintahan.
Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. 2001. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta : Bumi Aksara.
Venus, Antar. 2012. Managemen Kampanye. Bandung: Remaja Rosdakarya.