PENGARUH INOVASI SIPILA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PURWAKARTA
Abstract
Penelitian ini berjuduk “Pengaruh Inovasi SIPILA Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purwakarta”. Masalah penelitiannya yaitu masih banyak masyarakat yang lebih memilih melakukan pelayanan melalui layanan offline/manual dengan alasan rumit dan tidak mengerti, bahkan masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui adanya layanan administrasi melalui SIPILA. Teori yang digunakan yaitu Inovasi (variabel bebas), dan Kualitas Pelayanan Publik (variabel terikat). Adapun rumusan masalahnya adalah (a) bagaimana inovasi Program SIPILA di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purwakarta, (b) bagaimana kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purwakarta, (c) seberapa besar pengaruh inovasi Program SIPILA terhadap kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purwakarta. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada masyarakat Purwakarta yang telah melakukan pelayanan melalui layanan online SIPILA. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 100 orang dengan menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) Inovasi Program SIPILA memperoleh nilai sebesar 3,49 dan termasuk kategori “baik”, (b) Kualitas Pelayanan Publik memperoleh nilai sebesar 3,8 dan termasuk kategori “baik”, (c) Hasil analisis berdasarkan uji t menunjukkan bahwa variabel inovasi program SIPILA berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan publik. Pada koefisiensi korelasi diperoleh hasil 0,995 dan masuk kategori “sangat kuat”. Pada koefisiensi determinasi diperoleh hasil sebesar 99% sedangkan sisanya 1% ditentukan oleh faktor lain.
Kata Kunci: Inovasi, Kualitas Pelayanan, Pelayanan publik.
References
Suwarno, Y. (2008). Service Management ed.2. Jakarta: Andi.
Maryam, N. S. (2016). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, 6.
Mokoginta, C., Dua, I. L., & Rumerung, J. (2023). Peningkatan Kualitas Pelayanan Untuk Kepuasan Publik Pada Pengadilan Tata Usaha Negara Manado. Jurnal MABP, 5.