EFEKTIVITAS PDAM GIRI TIRTA DALAM PENGADAAN AIR BERSIH (STUDI KASUS DESA HULAAN KECAMATAN MENGANTI KABUPATEN GRESIK)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas PDAM Giri Tirta dalam pengadaan air bersih (studi kasus Desa Hulaan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik). Air merupakan kebutuhan mendasar bagi manusia yang keberadaannya harus dipenuhi agar dapat menunjang keberlangsungan hidup. Sebagai barang publik yang dibutuhkan banyak orang maka harus diatur dengan baik agar dapat mudah digunakan. Di Desa Hulaan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik, untuk memudahkan masyarakat disana dalam memenuhi kebutuhan akan air maka diadakannya pengadaan air bersih oleh PDAM Giri Tirta di Desa Hulaan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Guna mendekati masalah ini dipergunakan acuan teori efektivitas sebagai orientasi kerja oleh Sondang P. Siagian yang terdiri dari 1. Ukuran Waktu; 2. Ukuran Harga; 3. Ukuran Nilai-nilai Sosial Budaya; dan 4. Ukuran Ketelitian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data-data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengadaan air bersih oleh PDAM Giri Tirta di Desa Hulaan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik masih belum efektif, akan tetapi sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat.
References
Ediwijoyo, S. P., Yuliyanto, W., & Waluyo, A. (2020). Meningkatkan Pelayanan Publik Di Desa Padureso Kecamatan Padureso Kebumen Dengan Sosialisasi Dan PenyuluhanTata Kelola Administrasi Desa. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3). https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i3.412
Herawati, A. F. (2013). Analisis Value For Money Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Publik Pada Stasiun Kereta Api Surabaya Kota. Jurnal Akuntansi Universitas Negeri Surabaya.
Mochammad. (2016). Pemenuhan Hak Atas Air Bersih Terhadap. Airlangga Development Journal, 4, 36–49.
Puri, D. K., Hanafi, I., & Prasetyo, W. Y. (2015). Implementasi Strategi Perusahaan Daerah Air Minum Dalam Peningkatan Pelayanan Pendistribusian Air (Studi Pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 3(12), 2133–2138.
Rahmawati, D., Pamungkas, W. G., & Latif, M. (2021). Pendampingan Pembuatan Tower Air Perumahan Royal RT 05 RW 09 Pedurungan, Semarang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Tematik, 3(1), 24–28.
Saskia, A., & Jumiati. (2020). Efektivitas Program Sanitasi Berbasis Masyarakat Dalam Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat. Jurnal Mahasiswa Ilmu Administrasii Publik (JMIAP), 2(4), 115–122.
Sellang, K., Jamaluddin, & Mustanir, A. (2019). Strategi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. CV. Penerbit Qiara Media.
Siagian, S. P. (2019). Organisasi, Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi. In CV Haji Masagung. CV Haji Masagung.
Sularso, H. (2013). Studi Tentang Pelayanan Pemasangan Baru Air Bersih Kepada Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mahakam Di Kelurahan Jawa Kecamatan Sangasanga Kabupaten Kutai Kartanegara. 1(4), 1362–1374.
Syafirah, L., & Nawangsari, E. R. (2021). Efektivitas Pelayanan Pengaduan Di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Tirta Kabupaten Gresik. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(2), 6.
Undang-Undang
Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor 12 Tahun 2013 Tentang Pelayanan Publik
Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor 12 Tahun 2020 Tentang Perusahaan Umum Daerah Giri Tirta.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indoneisa Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.
Undang-Undang No 17 Tahun 2019 Tentang Sumber Daya air.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright Notice
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Academia Praja, Department of Master of Governmental Sciences, Faculty of Social and Political Science, Universitas Jenderal Achmad Yani as publisher of the journal.
Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Academia Praja, Department of Master of Governmental Sciences, Faculty of Social and Political Science, Universitas Jenderal Achmad Yani and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Academia Praja are the sole and exclusive responsibility of their respective authors