STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA POETOEK SOEKO (STUDI KASUS BUMDES SUKOSARI MAKMUR DESA SUKOSARI KECAMATAN TRAWAS)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan Wisata Poetoek Soeko yang dikelola oleh BUMDes Sukosari Makmur di Desa Sukosari, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan berdasarkan empat indikator utama teori strategi pengembangan yang dikemukakan oleh Chandler dalam (Paradana et al., 2021: 1820), yaitu sumber daya manusia, dana, informasi dan teknologi, serta sarana dan prasarana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan wisata Poetoek Soeko masih memerlukan optimalisasi. Pada aspek sumber daya manusia, terdapat keterbatasan kualitas dan kuantitas pengelola. Dari sisi pendanaan, keberhasilan dalam memanfaatkan Dana Desa telah mendukung peningkatan fasilitas dan operasional wisata. Strategi promosi berbasis digital masih belum maksimal akibat kurangnya penguasaan teknologi oleh pengelola. Dalam hal sarana dan prasarana, fasilitas wisata telah dikembangkan secara konsisten dengan mengutamakan kenyamanan pengunjung, termasuk penyediaan akses jalan, area parkir, serta fasilitas penunjang lainnya.
References
Cooper, C., Fletcher, J., Fyall, A., Gilbert, D., & Wanhill, S. (2008). Tour- ism Principles and Practice (4th ed.). Pearson Education Limited.
Fathoni, A. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Rineka Cipta.
Lestari, I. A., Rahim, S., & Rasdiana. (2023). Strategi Pengembangan Program Desa Wisata dalam Mewujudkan Desa Mandiri di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 4(April), 270–283.
Mandala, D. R. T. L., & Fahlevvi, M. R. (2024). Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial di Dinas Pariwisata Kabupaten Ngada ( Studi Di Desa Lengkosambi Utara ). Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 6(1), 147–173. https://doi.org/https://doi.org/10.33701/jtkp.v6i1.4514
Maryati, M., Ikun, A. B. C., Matitaputty, A., & Alfarizi, R. (2021). Application and Influence of Information Technology to Support the Tourism Village Marketing Strategy. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:236573096
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An Expanded Sourcebook ((2nd ed.)). Sage Publications, Inc.
Nadir, S. (2013). Otonomi Daerah dan Desentralisasi Desa: Menuju Pemberdayaan Masyarakat Desa. Jurnal Politik Profetik, 1.
Natalis, M. R., Erianto, & Kartikawati. (2020). Identifikasi Potensi Daya Tarik Ekowisata Air Terjun Bukit Tilung (Nanga Arong Kabupaten Kapuas Hulu). Jurnal Hutan Lestari, 8, 596–604.
Paradana, A., Muhammadiyah, M., & Hamrun, H. (2021). Strategi Dinas Pariwisata Dalam Mengembangkan Objek Wisata Karst Rammang-Rammang Di Kabupaten Maros. Jurnal Kinerja Kepemerintahan, 2(5).
Paturusi, S. A. (2001). Strategi Pengembangan Pantai Sawangan Sebagai Daya Tarik Wisata Nusa Dua. Destinasi Pariwisata, 3(46).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright Notice
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Academia Praja, Department of Master of Governmental Sciences, Faculty of Social and Political Science, Universitas Jenderal Achmad Yani as publisher of the journal.
Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Academia Praja, Department of Master of Governmental Sciences, Faculty of Social and Political Science, Universitas Jenderal Achmad Yani and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Academia Praja are the sole and exclusive responsibility of their respective authors