Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Author Guidelines Jurnal Dialektika Hukum

 

  1. Naskah yang dimuat dalam Jurnal Dialektika Hukum adalah tulisan yang berkaitan dengan ilmu hukum.

  1. Naskah dapat berupa hasil penelitian, pengembangan/pemikiran yang merupakan hasil karya sendiri (tidak plagiat) dan belum pernah dipublikasikan.

  2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan memperhatikan kaidah bahasa yang baik dan benar.   
  3. Naskah diketik menggunakan program Microsoft Worddi kertas ukuran A4 dengan jarak spasi rapat (1 spasi); jumlah halaman 15-20; huruf Bookman Old Style dengan ukuran font 12; margin kiri 4 cm, kanan 3 cm, atas 4 cm, dan bawah 3 cm

  4. Sistematika tulisan meliputi:

Judul, 

Abstrak,

  1. Pendahuluan,
  2. Kerangka Teoritis,
  3. Metode,        
  4. Hasil dan Pembahasan,
  5. Kesimpulan,  

 

Judul

Judul ditulis dengan font Bookman Old Style ukuran 14 tebal dengan menggunakan huruf kapital

(maksimum 15 kata)

Nama penulis

Nama penulis (tanpa gelar akademik), nama dan alamat instansi/lembaga, serta e-mail penulis, dicantumkan di bawah judul.

Abstrak

Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sebanyak 100-150-200 kata.

Abstrak diketik dengan jarak rapat (1 spasi); huruf Bookman Old Style dengan ukuran font 10.

Abstrak memuat latar belakang, tujuan penulisan, hasil pembahasan, kesimpulan dan saran.

Kata Kunci

Kata kunci ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, 3-5 kata/frasa.

 

 

  1. Pendahuluan

Bagian Pendahuluan ditulis secara jelas yang memuat latar belakang permasalahan yang memadai, permasalahan yang dikaji, tujuan penulisan. Dalam Pendahuluan juga memuat penjelasan mengenai analisis dan atau urgensitas kajian dibandingkan dengan penelitian-penelitian sebelumnya. Untuk itu diperlukan adanya pernyataan kebaruan dari kajian ilmiah yang dilakukan. Pernyataan kebaruan tersebut diperkuat dengan kajian literatur dari penelitian-penelitian terdahulu

 

  1. Metode Penelitian (Jika tulisan merupakan hasil penelitian)

     

 

  1. Metode Penelitian

Artikel yang bersumber dari hasil penelitian, metode penelitian ditulis sebagai bab tersendiri setelah bab Pendahuluan. Metode penelitian memuat jenis penelitian, metode pendekatan, sumber bahan hukum maupun sumber data, Teknik pengumpulan bahan hukum, teknik pengumpulan data, serta metode analisis bahan hukum maupun analisis data. Untuk artikel gagasan konseptual, cukup hanya dibahas mengenai metode pendekatan kajian yang diletakkan di bagian akhir bab Pendahuluan.

 

3, Pembahasan

Substansi yang dibahas menggunakan landasan teori atau kerangka pemikiran sebagai pisau analisis sehingga menjadi satu kesatuan. Judul subbab disesuaikan dengan jumlah permasalahan yang dibahas.

 

  1. Penutup
  2. Kesimpulan

Pada bagian kesimpulan pada intinya memuat sari dari kajian dan sekaligus juga merupakan jawaban atas permasalahan yang dikaji dalam artikel. Sehubungan dengan hal tersebut, penulisan kesimpulan harus disesuaikan dengan urutan permasalahan yang dikaji serta  relevan dengan tujuan penelitian. Pada bagian Kesimpulan tidak boleh ada pembahasan baru atau komentar dari penulis.

  1. Saran/rekomendasi

       Saran dan/atau rekomendasi dari penulis

 

Daftar Pustaka

Daftar pustaka ditulis dengan Menggunakan Mendeley (Chicago style),

 

  1. Penyajian instrumen pendukung berupa gambar, foto, grafik, bagan, tabel, dan sebagainya harus bersifat informatif dan komplementer mendukung deskripsi narasi tulisan. Penomoran instrumen pendukung tersebut berurutan dengan angka, dimana kata grafik ditulis cetak tebal (bold); judul tabel, gambar, dan grafik tidak ditulis cetak tebal dan diletakkan di tengah halaman (center text), serta disebutkan sumbernya. Untuk penyajian tabel tanpa garis vertikal. Instrumen pendukung tersebut harus dianalisis.

 

  1. Kata asing/istilah asing/istilah daerah yang belum diadopsi menjadi bahasa Indonesia diketik dengan diberi huruf miring (italic).

 

  1. Tulisan disubmit di : http://ejournal.fisip.unjani.ac.id/index.php/jdh dalam format Ms World atau dikirim dalam bentuk Ms Worldmelalui alamat e-mail: dialektikahukum@unjani.ac.id atau redaksi a.n Indah Dwiprigitaningtias (email: Indah.dwiprigitaningtias@lecture.unjani.ac.id Melampirkan nama lengkap, instansi dan kontak yang dapat dihubungi (nomor handphone dan alamat email)

 

  1. Penulisan sumber kutipan atau rujukan menggunakan sistem catatan kaki (footnote) dengan urutan: nama pengarang/editor (tanpa gelar akademik), judul karangan (ditulis dengan huruf miring (italic), kota penerbit: nama penerbit, tahun penerbitan, dan nomor halaman (hal.) yang dirujuk atau dikutip. Penulisan sumber kutipan dengan menggunakan huruf Bookman old style dengan ukuran font 10. Atau Penulisan footnote dan sumber kutipan dan daftar pustaka/ daftar referensi dapat menggunakan Mendeley (Chicago manual of style 17 edition {Full note}).