PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PELAKU USAHA ATAS KERUGIAN YANG DIDERITA AKIBAT ULASAN NEGATIF DI MEDIA SOSIAL OLEH KONSUMEN
Abstract
Negative reviews are opinions or assessments given by consumers of a product that contain criticism, suggestions, dissatisfaction, or complaints. The purpose of this study is to determine and analyze the positive law governing consumer behavior in conducting negative reviews, as well as to know the legal remedies that can be taken by business actors if they suffer losses due to negative reviews. The research method used is the normative juridical approach. The results show that negative reviews are one of the forms of freedom of speech rights protected by the Indonesian constitution, which in its implementation must still pay attention to the limits regulated by law so as not to cause harm to other parties. The repressive legal efforts that can be made by business actors are by complying with the obligations specified by law. Meanwhile, preventive legal efforts can be made by filing a lawsuit either civilly based on Article 1365 of the Civil Code or filing criminal charges based on Articles 310 and 315 of the Criminal Code, as well as Article 27A of the ITE Law.
References
Augus�nah, Fedianty, Widaya�. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan
Ringan Kripik Singkong Di Kabupaten Sampang.” Jurnal Dialektika, no. 2, (2019): 9.
Atma Fadna Rinaja, Ida Bagus, Nyoman Udayana, and Bernadeta Diansep� Maharani. n.d.
“Pengaruh Online Customer Review, Word Of Mouth, And Price Consciousness Terhadap
Minat Beli Di Shopee.” Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, no. 3. (2022): 437.
Joesyiana, Kiki. “Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada
Media Online Shop Shopee Di Pekanbaru (Survey Pada Mahasiswa Semester VII Jurusan
Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau).”
Jurnal Valuta, no. 1. (2018): 72.
Magfirah, Fajril. “Perlindungan Konsumen Atas Hak Didengar Keluhannya Oleh Pelaku Usaha
(Suatu Peneli�an Di Banda Aceh).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Keperdataan,
no. 4. (2023): 561.
Purbohastu�, Arum Wahyuni. n.d. “SAINS: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Perilaku Mahasiswa
Terhadap Sosial Media.” Jurnal Manajemen dan Bisnis, no. 2, (2019): 4.
Riansyah, Ahmad, Riski Rahmadhan, M Willy Pratama, and Ricky Nopriyadi. n.d. “Penerapan
Asas I�kad Baik Dalam Pelaksanaan Perjanjian Jual Beli Tanah Consensus.” Jurnal Ilmu
Hukum, no. 2 (2022): 70.
Sundari, Nata, Fasya Zahra Luthfiyah, and Windi Rahmawa� Fakultas Hukum. n.d. “Peran
Hukum Sebagai Alat Rekayasa Masyarakat Menurut Roscoe Pound.” Jurnal Kajian
Kontemporer Hukum dan Masyarakat, no. 1 (2024): 12.
Peraturan Perundang-Undangan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945
Kitab Undang-Undang Hukum Pidana
Kitab Undang-Undang Hukum Perdata
Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen
Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia
Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor
11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik
Buku-Buku
Maran Mas. Pengantar Ilmu Hukum. Jakarta: Alumni Hlm 15
R. Soreoso. Pengantar Ilmu Hukum. Jakarta: Sinar Grafika. 2018.
Safudin, Endrik. Pengantar Ilmu Hukum. Malang: Setara Press. 2020
W. John. Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar. 2019.
Website
B. Aurelia Oktavira, “Pengertian hukum dan Unsur-Unsur Hukum.” [Daring]. Tersedia pada
htps://www.hukumonline.com/berita/a/penger�an-hukum-menurut-para-ahli-hukumlt62e73b860a678/
(Diakses
pada
27
April
2024)
Joseph
Teguh
Santoso,
“Etika
sebagai
Landasan
Perilaku
Sehari-hari.”
[Daring].
Tersedia
pada:
htps://stekom.ac.id/ar�kel/e�ka-sebagai-landasan-perilaku-sehari-hari
(Diakses pada
15 April 2023)
Kelurahan Nges�harjo, “Apa Saja Kategri Digital Marketing?” [Daring]. Tersedia pada
htps://nges�harjo.bantulkab.go.id/first/ar�kel/1070-Apa-saja-Kategori-Digital-
Marke�ng- (Diakses pada 20 Oktober 2023)
M. Ahsan Nurrijal, “Mayang Dilaporkan Tan Skin atas Kasus Penccemaran Nama Baik.”
[Daring]. Tersedia pada htps://hot.de�k.com/celeb/d-6029421/mayang-dilaporkan-tanskin-atas-kasus-pencemaran-nama-baik
(Diakses
pada
20
Desember
2023)
Nandy. “Apa itu Influencer? Pengertian, Jenis, dan Pengaruhnya terhadap Bisnis.” [Daring].
Tersedia pada htps://www.gramedia.com/literasi/influencer/ (Diakses pada 25 Oktober
2023)