ANALISIS KEBIJAKAN DIPLOMASI EKONOMI INDONESIA TERHADAP PASAR NON TRADISIONAL

TANTANGAN DAN PELUANG

  • Mariane Olivia Delanova

Abstract

Pada saat ini, arah kebijakan politik luar negeri Indonesia yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo mengutamakan kepada empat prioritas politik luar negeri Republik Indonesia, yaitu Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI), Diplomasi Ekonomi dan Peran Internasional. Salah satu prioritas politik luar negeri Indonesia adalah diplomasi ekonomi. Pada saat ini, Indonesia tidak hanya mengandalkan ekspor ke negara mitra dagang utama Indonesia selama ini atau yang disebut dengan pasar tradisional. Akan tetapi, pemerintah Indonesia juga mengarahkan fokus kebijakan ekspornya kepada pasar non tradisional, dengan tujuan untuk dapat meningkatkan ekpor Indonesia pada tahun ini dan juga pada tahun-tahun yang akan datang. Penelitian ini akan bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan diplomasi ekonomi Indonesia khususnya terhadap negara-negara yang merupakan Pasar Non Tradisional bagi Indonesia, terutama akan berfokus untuk melihat tantangan dan peluang implementasi diplomasi ekonomi Indonesia di Pasar Non Tradisional untuk dapat meningkatkan ekspor Indonesia yang tujuan akhirnya adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

References

BUKU
Creswell, John W. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2010.
Deliarnov. 2006. Ekonomi Politik. Jakarta. Erlangga.
Hadari Nawawi, H,. 1996. Murni Martini. Penelitian Terapan. Yogyakarta. Gajahmada University Press.
Creswell, Jhon W. Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran, Edisi Keempat, Terj. Achmad Fawaid dan Rianayati Kusmini Pancasari (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016) hal. 4.
J Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya Bandung.
Lisbet, et all, Tantangan dan Peluang Diplomasi Ekonomi Presiden Joko Widodo. P3DI Setjen DPR RI dan Azza Grafika, Jakarta 2015
Miles dan Huberman dalam Sugiyono, Op. Cit., 2009, hal. 247-252.
Odell, J.S., 2000. Negotiating the World Economy. USA. Cornell University Press.
Jackson, Robert. dan Georg Sorensen, Pengantar Studi Hubungan Internasional: Teori dan Pendekatan (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013) 175.
Peter Barston, Ronald. Modern Diplomacy. Pearson Education, 2006, hal. 1
Santana K, Septiawan. Menulis Ilmiah Metodologi Penelitian Kualititatif. Jakarta, Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2010.
Steans. et all. International Relations Perspectives and Themes. Essex (Inggris), Pearson Education Limited, 2001.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D, Bandung, Alfabeta, 2011.
Van Bergeijk, P.A.G., dan S. Moons. 2007. Economic Diplomacy and Eco-nomic Security. Portugal, New Frontiers for Economic Diplomacy.

JURNAL
Kurniawan, Andi. Diplomasi Ekonomi Indonesia dan Thailand terhadap Pasar Timur Tengah. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Volume 17, Nomor 3, Maret 2014.
Sofiah Resmi, Dewi. Diplomasi Ekonomi Indonesia di Kawasan Amerika Latin dalam Forum For East Asia-Latin Cooperation (FEALAC). eJournal Ilmu Hubungan Internasional, 2018, 6 (1), 167-180 ISSN 2477-2623 (online), ISSN 2477-2615 (print), ejournal.hi.fisip-unmul.ac.id.
Delanova, Mariane. Diplomasi Ekonomi Indonesia dan Negara-negara Berkembang dalam G-33 untuk Mempromosikan Proposal Special Products dan Special Safeguard Mechanism. Dinamika Global, Nomor 01 Tahun 01 Juni 2016.
________________, Kebijakan Luar Negeri Indonesia pada Era Presiden Joko Widodo melalui Penguatan Diplomasi Ekonomi. Dinamika Global, Nomor 02 Tahun 02 Desember 2017.
Solichin, et all. 2010. Jurnal Diplomasi. Jakarta. Kementerian Luar Negeri.
Arystankulova, Gulsara. Economic Diplomacy - Important Component Of Foreign Policy Of Modern State. The Turkish Online Journal of Design, Art and Communication September 2018 Special Edition, hal. 2864-2873

SUMBER INTERNET
Antara News. Indonesia’s Exports to Non Traditional Markets Begin to Increase. https://en.antaranews.com/news/113111/indonesias-exports-to-non-traditional-markets-begin-to-increase diakses pada 14 November 2019
Encyclopedia Britannica. Diplomacy | Nature, Purpose, History, & Practice. https://www.britannica.com/topic/diplomacy diakses 14 November 2019
Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Menteri Luar Negeri Ri Retno L. P. Marsudi Penyampaian Prioritas Politik Luar Negeri Republik Indonesia 2019-2024. https://kemlu.go.id/portal/id/read/725/pidato/penyampaian-prioritas-politik-luar-negeri-republik-indonesia-2019-2024 diakses pada 14 November 2019
Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Dorong Diplomasi Ekonomi Indonesia Galang Pebisnis dan Investor AS. https://kemlu.go.id/portal/id/read/802/berita/dorong-diplomasi-ekonomi-indonesia-galang-pebisnis-dan-investor-as diakses pada 10 Januari 2020
Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Pasar Domestik Perlu Diperkuat. https://kemenperin.go.id/artikel/3315/Pasar-Domestik-Perlu-Diperkuat diakses pada 10 Januari 2020
Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Industri Nasional Perlu Garap Pasar Ekspor Non Tradisional. https://kemenperin.go.id/artikel/17533/Industri-Nasional-Perlu-Garap-Pasar-Ekspor-Nontradisional diakses pada 10 Januari 2020
Kontan. Ini Capaian Diplomasi Ekonomi Indoensia Selama Empat Tahun Terakhir. https://nasional.kontan.co.id/news/ini-capaian-diplomasi-ekonomi-indonesia-selama-empat-tahun-terakhir diakses pada 10 Januari 2020
Sari Aziza, Kurnia. Jokowi Wanti-wanti Ekspor ke Pasar Non-tradisional. Kompas.com, internet, 11 Oktober 2017, diakses pada 10 Februari 2019, Pkl. 19.21 WIB, diunduh dari https://ekonomi.kompas.com/read/2017/10/11/133756226/jokowi-wanti-wanti-ekspor-ke-pasar-non-tradisional
Media Indonesia. Diplomasi Ekonomi Indonesia Jadi Prioritas Pertama Polugri RI. https://mediaindonesia.com/read/detail/268298-diplomasi-ekonomi-indonesia-jadi-prioritas-pertama-polugri-ri diakses pada 10 Januari 2020
Rana, Kishan S. Economic Diplomacy: The Experience of Developing Countries. Chapter 11, Nicholas Bayne, and Stephen Woolcock, The New Economic Diplomacy: Decision Making and Negotiation in International Economic Relations, 2nd edition (Ashgate, London, 2007)
Sjahril Sabaruddin, Sulthon. Penguatan Diplomasi Ekonomi Indonesia Mendesain Clustering Tujuan Pasar Ekspor Indonesia: Pasar Tradisional vs Pasar Non-Tradisional, internet, diakses pada 10 Februari 2019, Pkl. 18.30 WIB diunduh dari file:///D:/DIPLOMASI%20EKONOMI%20INDONESIA/96597-ID-penguatan-diplomasi-ekonomi-indonesia-me.pdf
Published
2020-01-20
How to Cite
Delanova, M. O. (2020). ANALISIS KEBIJAKAN DIPLOMASI EKONOMI INDONESIA TERHADAP PASAR NON TRADISIONAL. Jurnal Dinamika Global, 4(02), 382-402. https://doi.org/https://doi.org/10.36859/jdg.v4i02.140