KEPEMIMPINAN NASIONAL UNTUK GENERASI MILENIAL DI ERA DIGITAL
Abstract
Artikel ini membahas tentang kepemimpinan nasional yang diharapkan oleh generasi milenial pada era digital. Model, sosok dan profil kepemimpinan nasional yang seperti apa yang cocok, layak dan diinginkan oleh kaum milenial di Indonesia, khususnya menyongsong revolusi industri 4.0. dimana arus informasi, teknologi, digitalisasi, dan otomatisasi serba cepat, mudah dan instan. Generasi milenial di era digital mengidamkan karakter pemimpin nasional yang akrab dengan sentuhan teknologi informasi dan komunikasi, ramah terhadap media sosial, dan memiliki sikap kreatif serta inovatif. Kunci utama dalam meraih kemenangan pada pilpres untuk menjadi presiden adalah merebut hati dan pikiran generasi milenial yang jumlahnya sangat besar.
References
Purwanto, M. N. (1991). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Robbins, S. P. (2002). Prinsip-Prinsip
Kartono, K. (1994). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Komariah, A. (2004). Visionary Leadership. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto, M. N. (1991). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Robbins, S. P. (2002). Prinsip-Prinsip
Kartono, K. (1994). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Komariah, A. (2004). Visionary Leadership. Jakarta: Bumi Aksara.
Perilaku Organisasi. Jakarta: Erlangga. Siagian, S. P. (2010). Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Internet
Kumparan. (2017). Mengenal 5 Generasi Sebelum dan Sesudah Milenial. Diunduh pada 24 Desember 2018, Pukul 15.30 WIB, dari Kumparan:
Muhtarom, H. (2016). Makalah Tantangan Era Digital. Diunduh pada 24 Desember 2018, Pukul 15.10 WIB, dari Hawari Muhtarom:
tn. (t.thn.). Milenial. Diunduh pada 24 Desember 2018, Pukul 15.00 WIB, dari Wikipedia:
Copyright Notice
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Caraka Prabu, Department of Governmental Sciences, Faculty of Social and Political Science, Universitas Jenderal Achmad Yani as publisher of the journal.
Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Caraka Prabu, Department of Governmental Sciences, Faculty of Social and Political Science, Universitas Jenderal Achmad Yani and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Caraka Prabu are the sole and exclusive responsibility of their respective authors.